Penjualan Ritel Australia Bulan Mei Stagnan

366

Pengecer Australia mengalami pertumbuhan penjualan yang diredam pada Mei, menurut angka baru yang dirilis Selasa (05/07), dalam tanda-tanda potensi pemotongan suku bunga RBA telah membuat konsumen lebih peduli tentang keadaan ekonomi.

Penjualan ritel Australia terus tumbuh pada kecepatan yang sedikit pada bulan Mei, menunjukkan konsumen waspada tentang belanja besar di tengah lingkungan ekonomi Australia yang tidak menentu.

Penjualan ritel naik 0,2% pada bulan-bulan di bulan Mei, menurut Biro Statistik Australia (ABS), datang lebih lemah dari perkiraan analis rata-rata 0,3%, tetapi naik sedikit pada revisi kenaikan 0,1% penjualan bulan April.

australia-retail-sales

Penjualan ritel makanan restoran naik 1,4% pada bulan Mei, sementara ritel makanan lainnya naik 0,7%. Ritel pakaian turun 1,2% pada bulan Mei dan ritel barang rumah tangga turun 1,1%. Penjualan department store yang datar pada bulan Mei dan ‘ritel lain melonjak 1,4%.

Kenaikan lembut belanja ritel Mei menunjukkan bahwa konsumen mulai merasa kurang optimis tentang lingkungan ekonomi Australia sebagai ledakan pertambangan.

Penurunan belanja bertepatan dengan penurunan suku bunga Reserve Bank of Australia (RBA) pada tanggal 2 Mei, ketika tingkat uang dipotong ke rekor rendah 1,75% dalam upaya untuk menyalakan inflasi.

Suku bunga rendah biasanya membantu dukungan belanja konsumen, bagaimanapun, konsumen juga bisa melihat penurunan tingkat suku bunga sebagai tanda bahwa perekonomian tidak melakukan terlalu baik.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here