Penjualan Ritel Zona Eropa Mei Naik Tertinggi Tahun 2016

371

Penjualan ritel zona Eropa naik pada bulan Mei, mencatat kenaikan bulanan tertinggi tahun ini, Kantor Statistik Uni Eropa menyatakan pada hari Selasa (06/07).

Penjualan ritel, pendorong untuk pengeluaran rumah tangga, naik 0,4 persen pada Mei dari bulan ke bulan dan 1,6 persen secara tahunan di blok mata uang 19-negara, Eurostat mengatakan, sejalan dengan ekspektasi pasar.

euro-area-retail-sales (1)

Kenaikan tercatat Mei adalah kenaikan tertinggi tahun ini secara bulanan, mengkonfirmasikan tren umumnya positif bagi penjualan pada tahun 2016 ketika mereka tumbuh setiap bulan, kecuali pada Maret ketika pembelian konsumen turun 0,6 persen.

euro-area-retail-sales-annual (1)

Eurostat juga merevisi angka bulanan untuk April yang sekarang menunjukkan kenaikan 0,2 persen dari penjualan ritel, bukan perkiraan sebelumnya penjualan datar.

Penjualan yang lebih tinggi didorong oleh konsumen meningkatkan pembelian produk non-makanan, kategori termasuk tekstil, barang medis dan peralatan elektronik, yang mencatat kenaikan 0,7 persen bulan ke bulan.

Penjualan bahan bakar dan makanan, minuman dan produk tembakau yang datar pada bulan Mei.

Penjualan ritel secara bulanan naik 0,9 persen di Jerman setelah jatuh dua bulan berturut-turut, sementara tetap datar di Perancis.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here