Pertumbuhan Sektor Jasa Inggris Juni Melambat

386

Aktifitas sektor jasa di Inggris melambat pada bulan Juni, demikian survei swasta dari Markit Economics menunjukkan pada hari Selasa (05/07).

Indeks pembelian manajer (PMI) sektor jasa turun menjadi 52,3 pada bulan Juni, turun dari 53,5 pada bulan Mei. Pasar telah memperkirakan pembacaan 52,8 poin untuk bulan Juni.

united-kingdom-services-pmi

“Survei PMI menunjukkan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Inggris melambat menjadi hanya 0,2% pada kuartal kedua, dengan kerugian lebih lanjut dari momentum bulan Juni dengan peningkatan kecemasan Brexit. “Kerja juga jelas terpukul karena perusahaan tidak memiliki kejelasan tentang prospek ekonomi. Optimisme bisnis di sektor jasa besar turun terendah 3,5 tahun, “Chris Williamson, kepala ekonom di Markit mencatat dalam laporan Selasa.

Gubernur Bank of England Mark Carney dijadwalkan untuk berbicara di 09:30 GMT di London setelah Laporan Stabilitas Keuangan diresmikan. Ini akan menjadi pidato ketiga gubernur sejak UK memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa melalui referendum 23 Juni.

“Perlambatan lebih lanjut dan kontraksi terlihat sangat mungkin dalam beberapa bulan mendatang sebagai akibat dari ketidakpastian yang diciptakan oleh referendum Uni Eropa. Namun, dengan PMI Juni telah jatuh ke wilayah yang biasanya akan berhubungan dengan pemotongan suku bunga Bank of England, tidak mungkin bahwa pembuat kebijakan akan menunggu data lebih sebelum melepaskan stimulus moneter tambahan. Tindakan kebijakan kemungkinan dalam beberapa minggu mendatang, “Williamson memproyeksikan lebih lanjut.

Pada Jumat pekan lalu, PMI manufaktur menunjukkan kenaikan kuat pesanan mengejutkan 52,1 pada bulan Juni, naik dari 50,1 poin pada Mei, ketika tenggelam ke terendah kedua tingkat dalam 15 bulan terakhir. PMI manufaktur merupakan yang tertinggi dalam lima bulan pada bulan Juni.

PMI manufaktur di Inggris adalah indeks gabungan berdasarkan pada kombinasi tertimbang pesanan baru, produksi, kesempatan kerja, waktu pengiriman pemasok, dan stok bahan yang dibeli.

Tingkat 50-point menandai batas antara kontraksi dan pertumbuhan di pabrik-pabrik di negara itu, dan indeks telah stabil sejak awal tahun.

Komite Kebijakan Moneter BoE (MPC) dijadwalkan bertemu pada hari Kamis minggu depan pada 14 Juli Beberapa analis pasar memprediksi pemotongan suku bunga agar BoE dapat mengendalikan ketidakpastian dan mempromosikan kegiatan ekonomi.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here