Pertumbuhan Sektor Jasa Jepang Juni Menyusut

455
Vibizmedia Photo

Aktifitas di sektor jasa Jepang mengalami kontraksi pada bulan Juni sebagai bisnis baru menyusut tercepat dalam hampir lima tahun, menambah kekhawatiran bahwa ekonomi kehilangan momentum karena lemahnya belanja konsumen, demikian survei bisnis swasta menunjukkan Selasa (05/07).

The Markit/Nikkei Japan Services Purchasing Managers Index (PMI) turun menjadi 49,4 pada Juni dari 50,4 pada Mei secara musiman yang disesuaikan.

japan-services-pmi (2)

Indeks turun di bawah ambang 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi untuk pertama kalinya dalam dua bulan.

Indeks untuk bisnis baru jatuh ke 47,3 dari 50,4 pada bulan sebelumnya mencapai terendah sejak September 2011.

“Sejumlah panelis menyalahkan apresiasi yen terhadap dolar sebagai faktor menghambat penjualan, sementara beberapa mengomentari gempa bumi yang terjadi pada bulan April sebagai masih memiliki efek yang merugikan pada permintaan,” kata Amy Brownbill, seorang ekonom di Markit, menambahkan bahwa ketidakpastian tentang ekonomi Tiongkok juga menekan sentimen bisnis.

Indeks komposit untuk produksi di kedua manufaktur dan jasa jatuh ke 49,0 pada Juni dari 49,2 di Mei secara musiman yang disesuaikan, menunjukkan bulan keempat berturut-turut kontraksi.

Kepercayaan bisnis telah takluk pada kuartal kedua dan harga konsumen jatuh pada bulan Mei di laju tercepat dalam tiga tahun, data menunjukkan pekan lalu, menambah tekanan pada Bank of Japan untuk memperluas pelonggaran kuantitatif.

Pemerintah juga terlihat peningkatan belanja fiskal saat lemahnya permintaan luar negeri menekan ekspor, meskipun kritikus memperingatkan bahwa membuang lebih banyak uang ke perekonomian tidak akan memperbaiki masalah kronis seperti rendahnya produktivitas dan tenaga kerja menyusut dengan cepat.

Sektor Jasa menyumbang 70,1 persen dari produk domestik bruto Jepang, sementara manufaktur memiliki pangsa 18,7 persen pada tahun 2014.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here