Pertumbuhan Sektor Jasa Zona Eropa Juni Melambat Terendah 18 Bulan

389

Indeks PMI sektor jasa zona euro meningkat ke angka final 52,8 untuk Juni dari pembacaan flash pada 52,4 sebelumnya dan pembacaan diharapkan dari 52,5. Ini masih lebih rendah dari pembacaan Mei.

Sedangkan pembacaan indeks PMI komposit secara keseluruhan tidak berubah untuk bulanan di 53,1 meskipun rilis manufaktur kuat.

euro-area-services-pmi

Dengan hasil ini data PDB zona euro akan lebih lemah untuk kuartal kedua menjelang tes kepercayaan yang ditimbulkan oleh hasil referendum UK bulan Juni.

Pertumbuhan di sektor jasa secara keseluruhan berada di laju paling lambat dekat dengan 18 bulan dengan ekspansi ditahan oleh sosok yang lebih lemah untuk Jerman dan kontraksi di Perancis. Ada pembacaan lebih kuat di luar dua ekonomi terbesar dengan ekspansi yaitu di Spanyol dan Italia.

Pekerjaan di sektor jasa diperkuat untuk bulan ke-20 berturut-turut dengan laju pertumbuhan pekerjaan yang tertinggi untuk 2016, sementara backlog kerja diperkuat di laju terkuat sejak Januari.

Ada pemotongan lebih lanjut di sektor jasa dengan harga rata-rata jatuh untuk bulan berturut-turut dan pada kecepatan yang sedikit lebih cepat dari bulan Mei, sementara tingkat kenaikan harga tetap pada tingkat tinggi, yang akan menjaga tekanan pada margin keuntungan.

Data komposit menyarankan pertumbuhan PDB sekitar 0,3% untuk kuartal kedua, yang akan menjadi penurunan yang signifikan dari kuartal pertama.

Sentimen bisnis secara keseluruhan masih rapuh dan akan ada kekhawatiran bahwa kepercayaan akan rusak oleh hasil referendum UK. Data jangka dekat akan diawasi sangat erat untuk menilai dampak dari ekspektasi bisnis.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here