Aktifitas Sektor Jasa PMI AS Naik Tipis Bulan Juni

299

Aktifitas sektor jasa naik pada bulan Juni, laporan dikonfirmasi Rabu (06/07), tetapi ketidakpastian yang tinggi ekonomi dan politik menekan kepercayaan bisnis dan menyebabkan perlambatan lanjutan dalam penciptaan lapangan kerja dengan toko-toko, restoran dan penyedia layanan lainnya.

Markit Economics’ services purchasing managers index tercatat di 51,4 bulan lalu, sedikit berubah dari 51,3 pembacaan awal dan cetak Mei. 50 Tanda memisahkan ekspansi dari kontraksi.

united-states-services-pmi

Sektor jasa AS adalah rumah bagi sebagian besar pekerjaan Amerika dan telah mengimbangi jauh lebih lemah, meskipun kecil, sektor manufaktur. Sementara penyedia layanan terus melaporkan pertumbuhan bisnis, tingkat ekspansi telah melambat karena ketidakpastian atas ekonomi dan pemilihan 2016 telah memberikan jeda beberapa konsumen dan bisnis.

Laporan Juni Markit adalah tanda terbaru bahwa kenaikan di momentum pada awal kuartal kedua dapat tertekan oleh memudarnya kepercayaan diri. Menurut Markit, survey responden melaporkan laju tercepat dari bisnis baru sejak awal tahun ini, tetapi mereka juga melaporkan kepercayaan bisnis tenang. Penyedia layanan pada bulan Juni menyatakan tingkat terendah optimisme sejak survei dimulai pada bulan Oktober 2009.

“Kepercayaan sektor jasa telah merosot ke level terendah sejak 2009 bersama kesengsaraan yang sedang berlangsung di sektor energi dan manufaktur, serta kekhawatiran tentang prospek di tengah ketidakpastian pemilihan presiden,” kata Chris Williamson, kepala ekonom Markit ini.

Karena kepercayaan berkurang, penyedia layanan terus mengurangi penyewaan untuk bulan ketiga berjalan. Penciptaan lapangan kerja di sektor ini bulan lalu jatuh ke level terendah 17-bulan, menurut Markit.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here