Bursa Eropa Bergerak Melemah Tertekan Ketidakpastian Pasca Brexit

267

Bursa Saham Eropa bergerak mixed tetapi masih diperdagangkan lebih rendah di perdagangan Rabu (06/07) di tengah ketidakpastian politik dan ekonomi yang berkelanjutan di Uni Eropa pasca keputusan Brexit.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.553,10, naik 7.73 poin atau 0,12%

Indeks DAX berada pada posisi 9.446,20, turun -86,41 poin atau -0,91%

Indeks CAC berada pada posisi 4.122,06, turun -41,36 poin atau -0,99%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 7.979,50, turun -88,10 atau -1,09%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,57 persen.

Peningkatan kecemasan tentang suara U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa berlanjut ke pasar. Pasar di Asia diperdagangkan melemah tajam pada Rabu, karena investor bergegas ke aset safe-haven di tengah kekhawatiran pertumbuhan global, mengirimkan imbal hasil obligasi ke rekor terendah.

Sebagai hasil dari ketidakpastian yang tumbuh, poundsterling Inggris juga turun ke level terendah 31-tahun di tengah kekhawatiran Brexit, diperdagangkan pada $ 1,2979 sekitar 8:40 waktu London setelah jatuh serendah $ 1,2796 sebelumnya. Dana real estate U.K. yang fokus setelah Standard Life, Aviva dan M & G Investasi semua pencairan dihentikan pekan ini.

Saham Standard Life dan Aviva lebih rendah. Aviva merilis sebuah pernyataan pada hari Rabu mengatakan bahwa itu bertujuan untuk meningkatkan rasio pay-out dividen tahun depan, menambahkan bahwa terlalu dini untuk menilai dampak dari Brexit pada perusahaan asuransi.

Housebuilders Inggris berada di wilayah juga negatif. Saham Taylor Wimpey dan Bovis Homes di antara mereka diperdagangkan lebih rendah.

Dalam berita lainnya, U.K. Home Secretary Theresa Mei telah memimpin dalam pemilihan untuk menemukan pemimpin partai Konservatif baru dan perdana menteri Inggris. Mei menang dalam putaran pertama pemungutan suara pada Selasa, Liam Fox tersingkir dari balapan dengan jumlah paling sedikit dan Stephen Crabb ditarik keluar dari pimpinan lomba meninggalkan Mei, Andrea Leadsom dan Michael Gove menghadapi putaran pemungutan suara Kamis.

Bank Italia tetap menjadi fokus bagi investor. Perdagangan di saham Banca Monte dei Paschi di Siena dihentikan selama sesi Selasa setelah Bank Sentral Eropa meminta BMPS untuk memangkas utang buruk oleh lebih dari 40 persen dalam tiga tahun, Reuters melaporkan. Selasa, pasar pengawas Consob mengatakan short selling saham BMPS akan dilarang di sesi perdagangan Rabu, Reuters menambahkan. Saham BMPS lebih dari 14 persen lebih tinggi Rabu pagi. Pemberi pinjaman melihat kemungkinan peningkatan modal 2-3 milyar euro dijamin oleh negara.

Pemberi pinjaman Italia lainnya yang lebih tinggi, tetapi Inggris Royal Bank of Scotland dan Barclays berada di zona merah.

Morrison adalah lebih dari 4 persen lebih rendah setelah HSBC memangkas target harga untuk saham. HSBC juga memangkas target harga untuk Tesco, mengirimkan saham raksasa supermarket melemah tajam.

Saham maskapai budget EasyJet di bawah tekanan meskipun melaporkan kenaikan jumlah penumpang untuk Juni. Dan British Airways pemilik IAG mengatakan lalu lintas penumpang juga tumbuh pada bulan Juni namun lalu lintas premium tetap datar. Saham diperdagangkan lebih rendah. Sementara itu, Barclays menurunkan target harga untuk Ryanair, mengirimkan saham bergeser.

Sektor sumber daya dasar mengungguli pasar yang lebih luas di tengah prospek positif dari broker. Penambang logam mulia Fresnillo dan Randgold Resources naik tajam seperti emas naik ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun, didorong oleh sentimen penurunan risiko di pasar.

Saham Antofagasta mendapat dorongan setelah Deutsche Bank menaikkan target harga untuk saham dan Glencore juga dalam daerah positif setelah Independent Research menaikkan target harga untuk penambang.

Harga minyak diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada Rabu setelah jatuh dalam dua hari terakhir, namun saham-saham di sektor tersebut mixed. Saham Tullow Oil naik lebih dari 10 persen setelah mengumumkan $ 300 juta untuk penawaran obligasi untuk mendanai investasi di perusahaan aset Afrika Barat dan Timur.

Dalam gerakan saham utama lainnya, Telecom Italia itu lebih dari 5 persen lebih rendah setelah pemain telekomunikasi Perancis Iliad mengumumkan akan masuk pasar Italia. JPMorgan juga memotong harga untuk saham Telecom Italia.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah dengan kembalinya kekuatiran Brexit dan perlambatan ekonomi global.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here