Bursa Shanghai 6 Juli Ditutup Naik Terangkat Aksi Beli Saham

398
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (06/07), indeks Shanghai berakhir naik 10,71 poin, atau 0,36 persen, ke 3017.10. Penguatan Indeks Shanghai terdorong aksi beli saham investor yang dipicu harapan adanya stimulus pemerintah Tiongkok setelah data pertumbuhan sektor jasa meningkat, namun data pertumbuhan sektor manufaktur menurun.

Lihat : Indeks Shanghai 6 Juli Bergerak Negatif Tertekan Kekuatiran Ekonomi Global

Pada awal perdagangan indeks Shanghai merosot tertekan pelemahan mata uang Yuan.

Yuan jatuh ke titik terendah terhadap dolar sejak November 2010 silam pada hari Rabu, memperpanjang penurunannya untuk sesi kelima berturut-turut, setelah bank sentral Tiongkok melemahkan secara tajam  tingkat bimbingan resmi karena dolar melonjak. Pedagang takut bank sentral akan membiarkan yuan melemah lebih jauh untuk membantu eksportir.

Namun minat beli dihidupkan kembali kemudian sampai akhir perdagangan. Saham sektor konsumen naik 3,8 persen, demikian juga sektor sumber daya dan kesehatan naik sekitar 1,8 persen. Sedangkan saham sektor perbankan meluncur.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak negatif dengan kekuatiran pelemahan ekonomi global. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2911-2813 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3128-3255.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here