Pertumbuhan Sektor Jasa AS Bulan Juni Naik Tertinggi 7 Bulan

309

Kegiatan ekonomi di sektor jasa AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan Juni, Institute for Supply Management mengungkapkan dalam laporan yang dirilis pada hari Rabu (06/07).

ISM mengatakan indeks non-manufaktur naik menjadi 56,5 pada Juni dari 52,9 pada Mei, dengan pembacaan di atas 50 menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa. Ekonom telah memperkirakan indeks untuk naik hingga 53,3.

united-states-non-manufacturing-pmi (2)

Dengan peningkatan lebih besar dari yang diperkirakan, indeks non-manufaktur naik ke level tertinggi sejak mencapai 56,6 pada November lalu.

Peningkatan indeks utama lebih besar dari yang diperkirakan sebagian karena pertumbuhan terutama lebih cepat pesanan baru dan kegiatan usaha, seperti indeks pesanan baru melonjak 5,7 poin ke 59,9 dan indeks aktivitas bisnis melonjak hingga 4,4 poin menjadi 59,5.

Laporan ini juga menunjukkan perputaran oleh pekerjaan di sektor jasa, seperti indeks kerja naik menjadi 52,7 pada Juni dari 49,7 pada bulan Mei.

Di depan inflasi, indeks harga turun tipis menjadi 55,5 pada Juni dari 55,6 pada Mei, meskipun Angka di atas 50 menunjukkan harga meningkat untuk bulan ketiga berturut-turut.

ISM merilis sebuah laporan terpisah Jumat lalu menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur AS tumbuh untuk bulan keempat berturut-turut terdaftar pada bulan Juni.

Laporan itu mengatakan indeks pembelian manajer naik menjadi 53,2 pada Juni dari 51,3 pada Mei, sementara para ekonom memperkirakan indeks untuk inci hingga 51,5.

Dengan besar peningkatan dari yang diharapkan, indeks manufaktur ISM naik ke level tertinggi sejak mencapai 53,3 pada bulan Februari 2015.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here