Theresa May, Kandidat Perdana Menteri Inggris Pengganti Cameron

244

Theresa May memimpin dalam pemilihan untuk menggantikan Perdana Menteri U.K. David Cameron pada putaran pertama pemungutan suara di antara anggota parlemen Partai Konservatif pada hari Selasa.

Home Secretary U.K, Theresa May memenangkan 165 suara, diikuti oleh Menteri Energi Andrea Leadsom dengan 66 suara. Menteri Kehakiman Michael Gove mendapat 48 suara, Pensions Secretary Stephen Crabb 34 suara dan mantan Menteri Pertahanan Liam Fox 16 suara. Sebagai kandidat terakhir, Fox tersingkir dari kontes dan juga Crabb. Keduanya mendukung May seperti yang juga dilakukan Business Secretary Sajid Javid.

“Kita perlu mengakui bahwa sekarang ada satu calon dalam posisi untuk menyatukan partai kami dan membentuk pemerintahan yang kuat,” Crabb kepada BBC. “Saya akan memberikan dukungan sepenuh hati saya untuk Theresa May.”

Meskipun May adalah dalam posisi memerintah, kemenangan masih jauh dari terjamin. Voting berlanjut pada Kamis dan dua kandidat paling populer kemudian akan menghadapi pemungutan suara dari anggota Konservatif. Pendukung Tory cenderung Euro-skeptis dan Mei mendukung tinggal di Uni Eropa dalam referendum bulan lalu. Leadsom berkampanye untuk Brexit. Pemenangnya akan ditentukan pada 9 September.

“Mendapatkan lebih dari setengah adalah tanda nyata,” Damian Green, yang bekerja pada kampanye May, mengatakan kepada wartawan setelah hasilnya diumumkan di House of Commons. “Menjadi seratus orang menjelang kandidat berikutnya – itu adalah pesan yang sangat jelas dari partai parlemen.”

Fox, yang berkampanye untuk mendapatkan Inggris keluar dari Uni Eropa, terpengaruh oleh pengalaman May. Setelah hasilnya, ia menawarkan pemikirannya tentang kualitas perdana menteri berikutnya. “Sangat penting bahwa mereka memiliki pemahaman tentang tingkat atas pemerintahan dan urusan internasional,” katanya.

Selasa, May merilis ringkasan catatan pajak nya selama empat tahun terakhir dan menantang saingan dia untuk melakukan hal yang sama dengan mengatakan “itu jelas penting bagi semua calon pimpinan untuk terbuka dan transparan tentang urusan pajak mereka.” Miliknya menunjukkan bahwa di 2014-15 dia memiliki penghasilan kena pajak total 117.350 pounds ($ 153.000) dan membayar 40.023 poundsterling pajak penghasilan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here