ADP Laporkan Penambahan Pekerjaan di Amerika Lampaui Perkiraan

338

Salah satu lembaga keuangan terbesar di Amerika Serikat-ADP (Automatic Data Processing Inc.) malam ini (7/7) melaporkan terjadi penambahan tenaga kerja swasta di negeri tersebut pada bulan Juni, dan merupakan penambahan bulan kedua setelah drop cukup besar pada bulan April lalu. Dari laporan lembaga tersebut terjadi penambahan 172 ribu tenaga kerja pada bulan keenam tahun ini setelah bulan sebelumnya hanya bertambah 168 ribu tenaga kerja. Para ekonom perkiraan penambahan data ADP hanya 158 ribu.

Terjadi peningkatan  pekerjaan dengan rincian 95.000 pekerjaan usaha kecil dan 52.000 untuk perusahaan menenngah, sementara untuk perusahaan  besar menambahkan 25.000 pekerjaan. Secara sektoral, terjadi peningkatan dalam pekerjaan sektor jasa sebanyak  208.000, namun terjadi penurunan pekerjaan pada sektor manufaktur dan konstruksi yang masing berkurang   21.000  dan 5.000 tenaga kerja.

United States ADP Employment Change

Data dari ADP ini sering menjadi acuan terhadap data dari Departemen Tenaga kerja untuk penambahan tenaga kerja yang terjadi secara keseluruhan di luar sektor pertanian yang akan dilaporkan pada hari Jumat nanti, namun bulan lalu data tersebut mengecewakan. Pasalnya data NFP yang dilaporkan pemerintah hanya terjadi penambahan tenaga kerja sebesar 38 ribu orang sedangkan ADP sebelumnya melaporkan terjadi penambahan 168 orang.

Walaupun demikian pasar keuangan global masih berharap laporan pemerintah AS untuk data NFP pada bulan Juni lalu menunjukkan peningkatan yang melampaui perkiraan penambahan tenaga kerja sebanyak 174 ribu. Jika data NFP bulan Juni naik melebihi perkiraan maka harapan kenaikan suku bunga AS muncul kembali meskipun sedang terjadi kondisi ekonomi global yang tidak kondusif pasca referendum Brexit.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here