Awal Bursa Eropa Positif Terdukung Penguatan Wall Street dan Minyak Mentah

191

Bursa Saham Eropa menguat pada perdagangan hari Kamis (07/07) didukung oleh sentimen positif di AS dan kenaikan harga minyak.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1,36 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.577,50, naik 113,91 poin atau 1,76%

Indeks DAX  berada pada posisi 9.503,58, naik 130,32 poin atau 1,39%

Indeks CAC berada pada posisi 4.166,92, naik 81,62 poin atau 2,00%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.061,40, naik 135,20 poin atau 1,71%

Bursa saham Eropa lebih tinggi dibuka pada hari Kamis terdukung rebound di pasar saham AS pada hari Rabu di belakang kenaikan harga minyak dan risalah dovish dari pertemuan Juni Federal Reserve AS.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Naik Terbantu Penguatan Minyak Mentah

Pembuat kebijakan Federal Reserve AS mengatakan hal itu bijaksana untuk menunggu lebih banyak data dan hasil perolehan suara Brexit sebelum menaikkan suku bunga, dan mempertimbangkan perlambatan dalam data pekerjaan sebagai alasan untuk mempertahankan suku bunga bulan lalu, menurut risalah rapat yang dirilis Rabu sore. Data Non-farm payrolls akan dilaporkan pada Jumat dan akan menjadi data kunci berikutnya yang diikuti oleh pasar.

Lihat : Kenaikan Suku Bunga AS Ditahan Sampai Dampak Brexit Terlihat Jelas

Harapan bahwa keputusan  U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa (EU) bisa mendorong pelonggaran lebih lanjut oleh bank sentral di seluruh dunia – atau setidaknya penundaan kenaikan suku bunga di AS – yang dipandang sebagai pendorong utama untuk sentimen pasar yang positif.

Pasar minyak juga diawasi setelah harga naik pada awal perdagangan Kamis. Kenaikan ini didukung oleh laporan penurunan dalam persediaan minyak mentah AS serta melemahnya dolar, meskipun kekenyangan produk olahan dan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi terus membebani pasar, Reuters melaporkan.

Dalam berita bisnis, Danone mengatakan akan mengakuisisi WhiteWave Foods dalam kesepakatan harga di $ 12.5 miliar, dalam apa yang akan menjadi akuisisi terbesar perusahaan Perancis dalam 10 tahun. Saham Danone rally pada bagian belakang berita.

Sejumlah perusahaan juga melaporkan update perdagangan dan pendapatan. Perusahaan Inggris Marks & Spencer melihat saham lebih rendah setelah melaporkan penurunan 8,9 persen dalam penjualan pakaian dan rumah di 13 minggu sampai 2 Juli, sedangkan penjualan makanan 0,9 persen. Pengecer mengatakan “terlalu dini untuk menghitung implikasi dari Brexit” dan memperkuat proyeksi setahun penuh.

Pengecer U.K. Sports Direct melaporkan 8,4 persen penurunan tahun-ke-tahun pada laba sebelum pajak untuk tahun yang berakhir 24 April. Meskipun demikian, saham pengecer olahraga rally lebih dari 9 persen.

Pemilik Primark Associated British Foods naik lebih dari 6 persen setelah mengatakan pendapatan untuk 40 minggu yang berakhir pada tanggal 18 adalah 3 persen menjelang periode yang sama tahun lalu di mata uang konstan. Penjualan di Primark secara tahunan 7 persen di atas tahun lalu.

Pembangun British Bovis Homes mengatakan telah diperdagangkan sesuai dengan harapan pada paruh pertama 2016 dan itu adalah “terlalu dini” untuk menilai dampak dari referendum Uni Eropa. Saham perusahaan diperdagangkan datar.

Dalam berita lain, jumlah dana properti Inggris ditangguhkan setelah pemungutan suara di negara itu untuk meninggalkan Uni Eropa naik ke tujuh pada hari Rabu, meninggalkan lebih dari 18 miliar pound ($ 23 milyar) beku dalam terbesar merebut up dana investasi sejak krisis keuangan tahun 2008, Reuters dilaporkan.

Aberdeen Asset Management mengatakan penarikan dari Dana Properti U.K. akan menghadapi 17 persen pencairan retribusi, dan bahwa hal itu tidak akan memenuhi pesanan nanti, tapi Exane BNP Paribas menaikkan target harga untuk saham. Saham pengelola dana rally sebagai hasilnya.

Beberapa saham lain yang telah turun dalam beberapa hari terakhir juga rebound termasuk Aviva dan Prudential.

Bank-bank Italia sekali lagi dalam fokus bagi investor karena portofolio kredit yang buruk besar dipegang oleh pemberi pinjaman. Perdana Menteri Italia Matteo Renzi membela bank negaranya mengatakan bahwa masalah pinjaman buruk mereka kecil dibandingkan dengan isu paparan derivatif yang dihadapi oleh pemberi pinjaman Eropa lainnya.

Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) adalah perdagangan yang lebih tinggi. Pemberi pinjaman telah diminta oleh Bank Sentral Eropa untuk memangkas utang buruk sebesar 40 persen selama tiga tahun. BMPS mengadakan pertemuan dewan pada hari Kamis di mana peningkatan modal hingga € 3 miliar bisa disepakati, menurut surat kabar Italia La Stampa. Pengawas pasar Italia Consob melarang posisi pendek bersih pada BMPS dari 7 Juli sampai 5 Oktober.

Saham Intesa Sanpaolo lebih tinggi setelah Exane BNP Paribas menaikkan proyeksi pada saham dari “netral” menjadi “outperform”. Ketua Intesa Sanpaolo mengatakan bank tidak akan memasukkan uang ke Atlante – dana penyelamatan Bank Italia.

Banco Popolare, yang sahamnya mencapai rekor terendah baru pada hari Rabu, jatuh pada awal perdagangan setelah Exane BNP Paribas menurunkan target harga untuk saham.

Sektor sumber daya dasar lebih tinggi dengan outlook positif pada beberapa saham dari beberapa broker. Jefferies, UBS dan Canaccord Genuity menaikkan target harga mereka untuk Anglo Amerika, membantu saham dorongan.

UBS juga mengangkat target harga untuk BHP Billiton dan Glencore, mengirimkan saham di kedua penambang yang lebih tinggi.

Namun Fresnillo itu diperdagangkan lebih rendah setelah HSBC memangkas outlook pada saham dari “beli” untuk “menahan”.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika harga minyak mentah terus meningkat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here