Ekspor Perancis Naik, Defisit Perdagangan Terendah 9 Bulan

299

Kantor Kementrian Keuangan Perancis beberapa jam lalu mengumumkan perbaikan dalam kinerja perdagangan luar negeri ekonomi terbesar kedua kawasan Euro, dimana defisit perdagangan yang terus terjadi sejak krisis moneter tahun 1998 di negara tersebut berhasil dikurangi bahkan lebih rendah dari defisit 9 bulan terakhir.

Perancis berhasil mengurangi defisitnya pada bulan Mei lalu  karena ekspor negara tersebut meningkat dan  impor  turun, dimana defisit perdagangan luar negeri Perancis  turun menjadi €2,8 miliar (US$ 3,1 miliar), setelah sebelumnya pada bulan April alami defesit €4.8 miliar karena peningkatan impor.

France Balance of Trade

Peningkatan ekspor Perancis pada bulan mei terdongkrak oleh perdagangan  untuk transportasi sipil dan militer, menurut kantor pabean negeri tersebut ekspor naik 1,4% ke €37.7 miliar, sementara impor turun 3,5% ke €40.5 miliar. Sementara itu pada waktu yang sama bank sentral Perancis atau Banque de France mengumumkan defisit current account menyusut ke €0.3 miliar di bulan Mei dari defisit  €2.1 miliar pada bulan April.

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here