Harga Minyak Mentah Naik Terdukung Penurunan Pasokan dan Dollar AS

269

Harga minyak mentah naik di perdagangan Kamis (07/07) di sesi Asia, didukung oleh laporan penurunan persediaan minyak mentah AS serta melemahnya dolar, meskipun kekenyangan produk olahan dan kekhawatiran pertumbuhan ekonomi terus membebani pasar.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik 27 sen pada $ 47,70 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional diperdagangkan pada $ 49,08 per barel pada 0045 GMT pada hari Kamis, naik 28 sen dari penutupan terakhir mereka.

Para pedagang mengatakan bahwa laporan penurunan persediaan minyak mentah AS telah menjadi penggeraj harga utama semalam.

Kelompok perdagangan American Petroleum Institute (API) mengatakan data menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 6,7 juta barel pekan lalu, menurun untuk minggu ketujuh berturut-turut.

“Harga minyak juga naik, dengan lemahnya dolar AS membuat harga komoditas dalam mata uang lebih menarik,” kata ANZ Bank.

Meskipun kenaikan harga, perlambatan ekonomi dan kekenyangan produk olahan masih membebani pasar minyak.

Permintaan minyak mentah Asia melambat, dan banyak pelaku pasar menduga itu bukan hanya fenomena musiman, tetapi juga karena perlambatan ekonomi dan bahkan mungkin perubahan struktural lebih permanen.

“Pertumbuhan tergelincir lagi …, dan hal-hal lain tampaknya tidak begitu cerah. Ekspor terus mengecewakan dan dapat melemahkan lagi setelah gelombang dari Brexit mencapai Asia,” kata HSBC dalam sebuah catatan kepada klien.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA, yang diindikasikan juga menglamai penarikan persediaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi bergerak naik dengan sentimen penurunan pasokan dan pelemahan dollar AS. Namun perlu dicermati perkembangan Brexit, yang jika terus menguat dan menekan ekonomi global akan menekan juga harga minyak mentah. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 48,20- $ 48,70, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 47,20 – $ 46,70.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here