Harga Rumah di Inggris Bulan Juni Naik, Namun Secara Tahunan Turun

538

Harga properti di Inggris meningkat 1,3% pada bulan Juni namun kecepatan yang mendasari pertumbuhan sedang melambat dengan harga secara tahunan turun menjadi 8,4% dari 9,2% pada bulan Mei, terendah sejak Juli 2015.

Ini mengambil harga rata-rata untuk £ 216.823 dan data dari indeks harga rumah Halifax juga menunjukkan bahwa pertumbuhan triwulanan adalah 1,2%, juga turun, dibandingkan dengan 1,5% pada bulan sebelumnya dan terendah sejak Desember 2014.

united-kingdom-housing-index

‘Harga rumah terus meningkat, meskipun pada tingkat yang lebih lambat, tapi ini mendahului hasil referendum Uni Eropa, oleh karena itu terlalu dini untuk menentukan dampak selanjutnya, “kata Martin Ellis, ekonom perumahan Halifax.

Angka-angka menunjukkan bahwa meskipun Brexit, pasar perumahan Inggris secara fundamental kuat, menurut Russell Quirk, chief executive dari eMoov.

‘Dengan terus berkurangnya perumahan baru yang sedang dibangun dan pertumbuhan populasi bahkan jika jumlah imigrasi sekarang dibatasi, ketidakseimbangan permintaan dan pasokan dan bahkan prospek suku bunga rendah akan mendukung pasar, “katanya.

David Cheetham, analis pasar dan broker FX di XTB, menunjukkan bahwa peningkatan bulanan bisa dianggap sebagai tidak diharapkan menyusul kenaikan hanya 0,6% bulan sebelumnya. ‘Kenaikan ini agak mengejutkan mengingat dampak pada saham bangunan rumah dan dana properti yang telah terlihat mengikuti keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa bulan lalu, “jelasnya.

‘Pukulan saham terburuk di FTSE100, baik segera setelah dan hari yang mengikuti Brexit berada di sektor bangunan dengan mayoritas pengamat memperkirakan keputusan untuk menjadi negatif untuk harga rumah Inggris. Sejauh minggu ini banyak manajer aset telah mengambil langkah-langkah menangguhkan perdagangan dana milik mereka sebagai penarikan telah melonjak, “jelasnya.

Penjualan harus mulai untuk meningkat dalam beberapa bulan mendatang, menurut Rob Weaver, director of investments Property Partner. ‘Fundamental di pasar perumahan tetap tidak berubah. Orang-orang masih membutuhkan atap di atas kepala mereka. Penjualan harus mulai untuk meningkat dalam beberapa bulan mendatang dengan ketidakpastian sekarang sebagian terangkat, “katanya.

“Sementara orang jelas menunda pembelian rumah menjelang referendum namun keputusan hidup seperti pindah rumah tidak dapat ditunda selamanya. Selama periode volatilitas di pasar saham dan mata uang, investor cenderung memilih aset yang dapat memberikan pendapatan yang dapat diandalkan, dikombinasikan dengan risiko yang lebih rendah untuk melestarikan kekayaan mereka. Bagi investor, properti residensial menawarkan atribut ini, ‘jelasnya.

‘Secara historis, properti perumahan telah memiliki kinerja terbaik dan risiko terendah dari semua kelas aset utama. Sejak tahun 1973, melalui guncangan minyak, resesi, gelembung dotcom dan krisis keuangan global, pasar perumahan Inggris telah melihat tidak ada jangka waktu lima tahun dengan total hasil negatif, “tambahnya.

Tapi Ben Madden, managing director pada London estate agents Thorgills, percaya bahwa harga kenaikan Juni tidak perlu terburu-buru disimpulkan karena berhubungan dengan periode sebelum referendum.

‘Dalam minggu setelah hasil referendum, ada peningkatan langsung dalam penjualan baru dan peningkatan pendaftaran pembeli. Meskipun prediksi luas bahwa aktivitas penjualan akan turun dan penjual harus menerima penurunan harga, yang hanya belum terwujud, “jelasnya.

“Tapi kita melihat tanda-tanda kuat bahwa komitmen pembeli dan penjual sekarang membawa pada kehidupan mereka. Prospek pemotongan tingkat suku bunga memberikan insentif lebih lanjut, “tambahnya.

Angka kuartal dan tahunan lebih mencerminkan apa yang terjadi di pasar, kata Mark Posniak, managing director Dragonfly Properti Keuangan. ‘Kenaikan harga Juni mengejutkan tapi secara triwulanan maupun tahunan telah terjadi moderasi dalam pertumbuhan harga, dan ini adalah refleksi yang jauh lebih baik dari pasar. Beberapa akan banyak memperhatikan pada kenaikan harga Juni. Yang penting adalah di mana pasar berjalan dari Juli dan seterusnya dan itu diketahui besar, ‘jelasnya.

‘Dengan tingginya tingkat ketidakpastian politik dan ekonomi, pasar saat ini, sulit untuk mengetahui di mana arah pasar properti. Apa yang kita dapat yakin adalah tingkat volatilitas di bulan depan. Bank of England telah menjelaskan ia akan melakukan apa pun untuk membantu menstabilkan pasar. Ini telah membuat lain £ 150 miliar yang tersedia untuk bank dan penurunan suku bunga kemungkinan kuat bulan ini, “jelasnya.

‘Pemotongan suku bunga lebih lanjut pasti akan menyuntikkan tingkat kepercayaan ke pasar properti. Bahkan tanpa penurunan suku bunga, ada alasan struktural yang kuat mengapa koreksi besar dalam pasar properti adalah tidak pasti. Kerja masih tinggi, biaya hidup yang rendah, sementara kurangnya pasokan memiliki potensi untuk mendukung harga rumah, bahkan jika permintaan menurun, “tambahnya.

Jonathan Hopper, direktur agen pembelian Garrington Properti Finders, memperingatkan bahwa pembeli sudah bereaksi seolah-olah harga akan jatuh. ‘Banyak dari mereka yang harus menjual mulai menawarkan diskon, sering yang besar. Dan sementara permintaan dari pembeli pasar menengah hampir tidak kuat, banyak dari mereka yang menunda pembelian selama kampanye referendum karena mereka melihat penurunan harga , “katanya.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here