Peringkat Kredit Australia Dipangkas Karena Masalah Politik

321

Standard & Poor pada Kamis (07/07) memperingatkan pemerintah Australia dengan menurunkan peringkat kredit Australia triple-A dalam waktu dua tahun, mengatakan permasalahan pemilu 2 Juli mungkin telah melemahkan kemampuan pemerintah untuk mengatasi defisit anggaran.

Hal ini memotong prospek di Australia menjadi negatif dari stabil dan mengatakan ada satu dalam tiga kesempatan dari penurunan peringkat jika pemerintah gagal untuk meningkatkan neraca.

Peringatan itu akan datang sebagai pukulan besar bagi Perdana Menteri Malcolm Turnbull, yang berjuang untuk mendapatkan dukungan dari segelintir kecil dari anggota parlemen independen ia mungkin akan perlu untuk membentuk pemerintahan yang bisa diterapkan dan mengakhiri kekosongan politik setelah pemilu.

“Kami akan terus memantau, selama enam sampai 12 bulan ke depan, keberhasilan atau sebaliknya dari kemampuan pemerintah baru untuk meluluskan langkah-langkah pendapatan dan belanja keduanya melalui majelis parlemen,” kata S & P.

Bendahara Scott Morrison mengatakan peringatan telah memperkuat tekadnya untuk memperbaiki posisi anggaran pemerintah.

“Saya tidak punya niat untuk menunda laju konsolidasi fiskal dan jadi karena itu saya tetap sangat bertekad untuk memastikan bahwa peringatan yang dalam laporan ini tidak terwujud,” katanya kepada wartawan.

Analis memperkirakan tidak ada dampak pasar yang berlangsung dari peringatan untuk saat ini. obligasi 10-tahun Australia menghasilkan AU10YT = RR di 1,88 persen juga membuat utang negara sangat menarik dibandingkan dengan hasil negatif dari beberapa lainnya.

S & P lalu menurunkan peringkat kredit Australia pada bulan Oktober 1989. Pada bulan Mei 1999, badan menaikkan peringkat menjadi AA + dan pada bulan Februari 2003, itu dipulihkan kedudukan rating AAA.

Di sisi positif, S & P mengatakan sistem perbankan Australia dianggap menjadi salah satu yang terkuat secara global dan menggambarkan negara sebagai “ekonomi kaya, beragam dan tangguh”.

“Ketahanan ekonomi dan fleksibilitas, kami percaya, pada akhirnya membantu keuangan pemerintah menahan dari guncangan ekonomi dan merupakan dukungan utama untuk kredit Australia,” katanya.

S & P mencatat pertumbuhan ekonomi mengambil langkah setelah periode kinerja di bawah-tren dan diperkirakan pertumbuhan PDB headline berada di sekitar 3 persen pada tahun fiskal 2016.

Australia menawarkan sebuah trsck record pertumbuhan dan tidak melihat resesi di lebih dari 25 tahun.

Awal pekan ini, Moody Investors Service mengatakan ketidakpastian politik singkat di Australia akan memiliki implikasi terbatas untuk peringkat triple-A negara.

Fitch mengatakan profil utang Australia masih konsisten dengan peringkat triple-A tetapi memperingatkan bahwa kebuntuan politik setelah pemilu nasional tidak tegas bisa membahayakan penilaian atas dari waktu ke waktu.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here