Produksi Industri Inggris Raya Bulan Mei Menyusut

244

Produksi industri Inggris Raya menyusut pada bulan Mei, yang mengakhiri ledakan dua bulan di sektor ini dipicu oleh kebangkitan di bidang manufaktur.

Kantor Statistik Nasional Inggris mengatakan pada Kamis (07/07), produksi industri turun 0,5% pada Mei dibandingkan dengan bulan sebelumnya, sebagai produksi manufaktur turun. Cuaca yang lebih hangat juga menyebabkan penurunan di pembangkit listrik, kata lembaga itu.

united-kingdom-industrial-production-mom

Data Kamis tidak menangkap periode segera sebelum dan setelah referendum Inggris pada keanggotaan dari Uni Eropa, yang digelar 23 Juni. Dengan Inggris meninggalkan blok itu, seorang ekonom mengatakan keputusan adalah cenderung membebani perekonomian di beberapa bulan ke depan. Namun, salah satu konsekuensi dari suara telah membuat pound lemah, yang dapat membantu eksportir di sektor manufaktur.

Meskipun perlambatan pada bulan Mei, produksi industri masih diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan kuartal kedua, kata ONS. Produksi akan merosot 6% pada bulan Juni untuk sektor karena tidak membuat kontribusi, kata ahli statistik.

Penurunan Mei di bidang manufaktur terkonsentrasi sebagian besar di sektor farmasi dan sektor tekstil, yang menikmati pertumbuhan yang kuat di bulan sebelumnya, kata ONS.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here