Produksi Industri Jerman Bulan Mei Turun Diluar Perkiraan

282

Produksi industri Jerman turun tak terduga pada bulan Mei, dipimpin oleh penurunan tajam dalam produksi barang modal, tanda bahwa industri di negara itu telah kehilangan momentum setelah awal yang kuat untuk tahun ini.

Kementerian ekonomi Jerman mengatakan Kamis (07/07) bahwa produksi industri Jerman – disesuaikan dengan musiman dan efek kalender – turun 1,3% di bulan Mei dari bulan sebelumnya, sementara ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal memperkirakan tidak ada perubahan dalam produksi.

germany-industrial-production-mom (1)

Tapi produksi industri “harus melanjutkan tren kenaikan moderat, menyusul perkembangan sedikit lebih lemah pada kuartal kedua,” kata kementerian itu, menunjuk ke kenaikan kecil dalam sentimen bisnis dalam beberapa bulan terakhir.

Penilaian optimis kementerian datang meskipun peringatan oleh pengusaha dan ekonom bahwa keputusan U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa akan membebani investasi bisnis.

Penurunan tak terduga Mei di produksi industri dipimpin oleh penurunan bulanan 1,8% di produksi manufaktur, produksi barang modal anjlok 3,9% dari bulan sebelumnya, data menunjukkan.

Dibandingkan dengan Mei 2015, produksi manufaktur juga turun 0,4%, dalam hal penyesuaian kalender.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here