Bursa Eropa Bergerak Mixed Menantikan Data Non Farm Payrolls AS

324

Bursa Saham Eropa membalikkan kerugian awal untuk perdagangan sedikit lebih tinggi pada hari Jumat (08/07) karena investor berhati-hati mencermati rilis data non farm payrolls AS pada hari Jumat malam nanti yang akan memberikan indikasi yang jelas tentang keadaan ekonomi AS.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,20 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.530,46, turun -3,33 poin atau -0,05%

Indeks DAX berada pada posisi 9.472,73, naik 53,95 poin atau 0,57%

Indeks CAC berada pada posisi 4.130,28, naik 12,43 poin atau 0,30%

Perhatian pasar global tertuju pada data pekerjaan AS terbaru untuk Juni dan harga minyak yang berfluktuasi. Pada hari Kamis, saham AS ditutup mixed karena penurunan tajam harga minyak ditimbang sedangkan di Asia pada Jumat, pasar diperdagangkan sebagian besar lebih rendah awal menjelang data payrolls yang sangat penting.

Laporan kerja hari Jumat diperkirakan menunjukkan rebound untuk 175.000 nonfarm payrolls, dari Mei yang mengejutkan turun 38.000, menurut Thomson Reuters. Laporan Juni diperkirakan untuk menyertakan pembalikan dampak negatif dari pemogokan Verizon, yang mengurangi jumlah Mei dan harus menambah sekitar 35.000 pekerja untuk laporan bulan Juni.

Data pekerjaan yang melambat adalah salah satu alasan Federal Reserve AS dikutip untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan bulan lalu. Hasil Brexit di referendum Inggris Raya juga memberi alasan Fed untuk berhenti sejenak sebelum pengetatan suku bunga lebih lanjut.

Harga minyak juga diawasi setelah harga terombang-ambing dari penurunan pada hari Kamis untuk rebound pada awal perdagangan Jumat, memantul dari posisi terendah dua bulan yang dicapai di sesi sebelumnya ketika harga turun 5 persen di tengah berita bahwa penarikan persediaan minyak mentah mingguan AS melewatkan beberapa perkiraan, Reuters melaporkan.

Sektor minyak dan gas adalah sedikit lebih rendah. Saham Statoil melemah tajam dan Tullow Oil di zona merah meskipun Goldman Sachs menaikkan outlook pada saham dari “netral” untuk “membeli”.

Keduanya JPMorgan dan Goldman Sachs menaikkan target harga mereka untuk saham minyak besar BP, mengirim mereka lebih tinggi.

Sejumlah penambang mendapat peringkat positif dari broker. RBC menaikkan target harga untuk Glencore dan Rio Tinto, membantu mendorong saham kedua perusahaan lebih tinggi.

Bank sekali lagi dalam fokus bagi investor, terutama di Italia. Saham Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) lebih tinggi setelah bank berjuang mengatakan telah “bekerja intens” dengan pihak berwenang untuk menemukan solusi terkait kredit yang buruk. pemberi pinjaman telah diberitahu oleh Bank Sentral Eropa (ECB) untuk memotong utang sebesar 30 persen.

Banco Popolare mengatakan pada Kamis bahwa mereka telah melakukan tes tegangan internal yang mengkonfirmasi ketahanan bank terhadap guncangan merugikan. Berita itu mengirim saham pemberi pinjaman yang lebih tinggi.

Bank Inggris Royal Bank of Scotland (RBS) melemah tajam setelah Goldman Sachs memangkas target harga untuk saham. Goldman Sachs juga menurunkan target harga untuk Barclays, mengirimkan saham di bank U.K. ini sedikit lebih rendah.

Air France-KLM duduk dekat bagian bawah STOXX 600 setelah melaporkan jumlah penumpang mengecewakan untuk Juni. Lalu lintas Juni turun 2,1 persen sementara dampak dari pemogokan percontohan tahun ini hasil operasi maskapai diperkirakan sekitar 40 juta euro. Air France-KLM juga mengumumkan bahwa Pierre-François Riolacci mengundurkan diri sebagai chief financial officer dari kelompok perusahaan ini.

Di tempat lain, JPMorgan memangkas target harga untuk saham Altice, mengirimkan perusahaan Belanda ke zona merah.

Perusahaan Perancis Sodexo mengatakan bahwa penjualan sembilan bulan naik sebesar 3,3 persen dan itu terus untuk tujuan setahun penuh. Saham perusahaan yang agak lebih tinggi.

Dalam berita lainnya, Home Secretary U.K. Theresa May dan Menteri Energi Andrea Leadsom akan bersaing untuk menjadi Perdana Menteri U.K berikutnya setelah putaran kedua pemungutan suara pada Kamis menyingkirkan Menteri Kehakiman Michael Gove dari persaingan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data Non Farm Payroll AS nanti malam, yang jika memberikan sentimen kenaikan suku bunga AS menguat, akan dapat menekan bursa Eropa.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here