Bursa Hong Kong 8 Juli Ditutup Turun; Mingguan Merosot 1 Persen

465

Pada penutupan perdagangan Jumat (08/07), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun -142,75 poin, atau -0,69 persen, ke 20564.17. Pelemahan indeks Hang Seng mengikuti penurunan di bursa saham Shanghai, di tengah kekhawatiran kelemahan lebih lanjut dalam yuan dan kekhawatiran bahwa keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa bisa menggoyahkan salah satu pasar ekspor terbesar Tiongkok. Secara mingguan indeks turun -1,1 persen terpengaruh kekuatiran Brexit.

Lihat : Indeks Hang Seng 8 Juli Negatif Terpengaruh Pelemahan Wall Street dan Minyak Mentah

Yuan telah tergelincir ke posisi terendah 5,5 tahun dan tergelincir lagi terhadap dolar pada hari Jumat, memicu kekhawatiran lonjakan arus keluar modal dari Tiongkok dalam beberapa bulan mendatang yang bisa mempersulit upaya pemerintah untuk menstabilkan perekonomian.

Pada perdagangan saham. saham pengecer sepatu Belle memimpin penurunan di indeks utama, jatuh 2,3 persen. Saham penambang batubara China Shenhua dan pengembang properti Henderson Land juga merosot, turun lebih dari 2 persen

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -160,00 poin atau -0,77% pada  20,546.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,706.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng akan bergerak positif jika bursa Wall Street positif dengan perkiraan data NFP yang akan dirilis nanti malam akan meningkat. Namun perlu dicermati perkembangan ekonomi dan stimulus Tiongkok yang juga dapat mempengaruhi pergerakan bursa Hong Kong. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.044-19.567 dan kisaran Resistance 21.032-21.531.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here