Jelang Pemilu Jepang, Kurs Yen Berusaha Rally Panjang

273

Kurs yen Jepang yang berhasil rally panjang  dan bersiap menjadi pemenang perdagangan forex pekan ini alami hambatan pada sesi Eropa akhir pekan (8/7) untuk menutup perdagangan dengan bullish. Pasalnya pergerakan yen terpantau sedang bergerak negatif meski masih menyimpan kekuatan dari perdagangan sebelumnya.

Pekan ini kurs yen Jepang menjadi primadona pasar keuangan global merespon kondisi pasar keuangan yang kurang kondusif akibat dampak hasil referendum Brexit 2 pekan lalu. Pasca kemenangan suara yang mendukung keluarnya Inggris dari Uni Eropa membuat kondisi politik dan ekonomi negara Inggris sedang tidak menentu dan mempengaruhi kondisi ekonomi global. Sebagai informasi, pada hari minggu negara ini menyelenggarakan pemilu untuk anggota majelis tinggi pemerintahan Jepang. Hasil pemilu ini tidak mempengaruhi posisi PM Jepang Shinzo Abe.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa  (10:00:35 GMT) menguat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi pada  100.80 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 0,3% dan nilai pair bergulir berada pada 100,54.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam masih berpotensi melemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya  lanjut  turun ke kisaran  100,24-99.86. Namun jika terjadi koreksi, pair dapat naik   kembali ke kisaran 101,33-101,77.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here