Non Farm Payrolls AS Naik Tertinggi 8 Bulan

523

Pengusaha AS menggenjot produksinya dengan meningkatkan pekerjaan pada bulan Juni setelah musim semi lamban, menandakan momentum baru dalam pasar tenaga kerja yang bisa menenangkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi yang lebih luas.

Nonfarm payrolls naik dengan disesuaikan musiman 287.000 pada bulan Juni, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Jumat (08/07), bulan terkuat memperkerjakan sejak Oktober lalu. Angka tersebut didorong oleh akhir pemogokan di Verizon Communications Inc bahwa badan tersebut telah mengatakan mencukur sekitar 35.000 pekerjaan dari payrolls pada bulan Mei.

united-states-non-farm-payrolls (3)

Termasuk rebound yang kuat bulan Juni, mempekerjakan pada kuartal kedua rata-rata 147.000 per bulan, turun dari 196.000 pada kuartal pertama dan 229.000 pada tahun 2015.

Tingkat pengangguran, dihitung dari sebuah survei terpisah dari rumah tangga di Amerika, naik menjadi 4,9% pada Juni dari 4,7% pada bulan Mei, sebagian menapak penurunannya dari 5.0% di bulan April. Tenaga kerja diperluas pada bulan Juni setelah menyusut bulan sebelumnya, dan tingkat partisipasi angkatan kerja berlalu hingga 62,7%.

Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal yang diharapkan akan menambah 165.000 pekerjaan pada Juni dan bahwa tingkat pengangguran akan naik tipis 4,8%.

Laporan hari Jumat mencerminkan keadaan pasar kerja AS pada pertengahan Juni. Akibatnya, hal itu tidak memperhitungkan efek dari referrendum 23 Juni dengan suara U.K. keluar dari Uni Eropa, sebuah keputusan yang mengejutkan pasar global dan memperkuat dolar.

Di sisi domestik, pengetatan pasar kerja telah menempatkan tekanan ke atas pada pertumbuhan upah sebagai pengusaha bersaing dengan lowongan yang lebih kecil dari pekerja yang tersedia. Penghasilan per jam rata-rata untuk pekerja sektor swasta naik dua sen pada bulan Juni untuk $ 25,61 dan naik 2,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Rata-rata kerja mingguan bulan lalu tidak berubah di 34,4 jam untuk bulan kelima berturut-turut.

Keuntungan pekerjaan pada bulan Juni yang luas di hampir setiap sektor, termasuk keuntungan 265.000 untuk pekerja swasta.

Tingkat pengangguran standar dapat menjadi ukuran yang tidak sempurna dari penurunan keseluruhan di pasar tenaga kerja. Sebuah ukuran yang lebih luas dari pengangguran dan setengah pengangguran, termasuk orang Amerika yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh waktu, berdetak turun ke 9,6% pada Juni dari 9,7% di bulan Mei.

Perlambatan dalam mempekerjakan musim semi ini terjadi di tengah tanda-tanda lain dari kelembutan dalam perekonomian AS, termasuk penurunan tajam dalam investasi bisnis, mendorong kekhawatiran tentang kemungkinan penurunan lebih luas. Pada saat yang sama, alat pengukur aktivitas pabrik stabil dan rebound dalam belanja konsumen menunjuk kenaikan untuk pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan pada kuartal kedua setelah awal yang lambat untuk tahun ini.

Pembuat kebijakan dijadwalkan bertemu pada akhir Juli, namun para pejabat mungkin memilih untuk menunggu informasi lebih lanjut tentang keadaan ekonomi dan efek Brexit sebelum menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya. Pertemuan kebijakan tambahan direncanakan pada bulan September, awal November dan pertengahan Desember.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here