Penganguran di Amerika Bertambah Banyak Pada Bulan Juni

285

Setelah Departemen Tenaga Kerja mengumumkan penambahan tenaga kerja non pertanian bertambah 287 ribu, namun tingkat pengangguran AS naik menjadi 4,9 persen pada bulan Juni 2016 setelah jatuh 0,3 persen menjadi 4,7 persen pada bulan sebelumnya. Meningkatnya tingkat pengangguran tersebut terlihat dari jumlah  orang yang menganggur naik 347.000 menjadi 7,8 juta mengimbangi penurunan pada bulan Mei.

Berdasarkan laporan pemerintah AS tersebut, di antara kelompok pekerja utama, tingkat pengangguran untuk wanita dewasa (4,5 persen) dan kulit putih (4,4 persen) naik pada bulan Juni. Demikian juga untuk pria dewasa (4,5 persen), remaja (16,0 persen), kulit hitam (8,6 persen), Asia (3,5 persen), dan Latin (5,8 persen) menunjukkan kenaikan tipis  atau tidak ada perubahan.

United States Unemployment Rate

Jumlah orang yang menganggur kurang dari 5 minggu meningkat sebesar 211.000 pada bulan Juni, menyusul penurunan di bulan sebelumnya. Jumlah pengangguran jangka panjang (yang pengangguran selama 27 minggu atau lebih) sedikit berubah pada bulan Juni dan menyumbang 25,8 persen dari pengangguran.

Jumlah orang yang dipekerjakan paruh waktu karena alasan ekonomi (kadang-kadang disebut sebagai pekerja paruh waktu sukarela) mengalami penurunan sebesar 587.000 orang menjadi 5,8 juta pada Juni, mengimbangi peningkatan pada bulan Mei. Orang ini, yang lebih suka pekerjaan penuh-waktu, bekerja paruh waktu karena jam mereka  tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu.

Pada bulan Juni juga terdapat  1,8 juta orang yang kurang mampu untuk kerja, yang tidak berubah dari tahun sebelumnya. Orang-orang yang tidak dalam angkatan kerja, ingin dan tersedia untuk bekerja, dan telah mencari pekerjaan kadang-kadang dalam 12 bulan sebelumnya. Mereka tidak dihitung sebagai pengangguran karena mereka tidak mencari pekerjaan dalam 4 minggu sebelum survei.

Di antara kelompok tersebut  terdapat 502.000 pekerja discourage atau yang menyerah mencari pekerjaan  pada bulan Juni, turun 151.000 dari tahun sebelumnya.  Sisanya 1,3 juta orang  untuk angkatan kerja pada bulan Juni tidak mencari pekerjaan karena alasan seperti kehadiran sekolah atau tanggung jawab keluarga.

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here