Akhir Bursa Shanghai 11 Juli Positif Terdukung Harapan Stimulus Beijing

281
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (11/07), indeks Shanghai berakhir naik 7,95 poin, atau 0,27 persen, ke 2996.04. Indeks Shanghai bergerak menurun mengurangi keuntungan awal, namun masih berakhir di zona positif.

Lihat : Awal Indeks Shanghai 8 Juli Tertekan Pelemahan Minyak Mentah dan Yuan

Indeks Shanghai mulai meningkat pada sesi pagi oleh data inflasi yang melambat yang dirilis akhir pekan lalu, yang meningkatkan harapan pemerintah akan mengumumkan stimulus lebih lanjut di paruh kedua 2016.

Pertumbuhan harga konsumen Tiongkok melambat pada bulan Juni, demikian rilis Biro Statistik Nasional (NBS) Minggu, memberi ruang bagi pemerintah pusat Tiongkok untuk stimulus moneter lebih lanjut untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi.

Indeks harga konsumen (CPI) – pengukur utama inflasi – naik 1,9 persen tahun-ke-tahun, NBS mengatakan, lebih rendah dari bulan Mei 2 persen tapi lebih tinggi dari 1,8 perkiraan median dalam survei Bloomberg oleh para ekonom.

Tingkat inflasi tahunan pada bulan Juni adalah 1,9 persen, tingkat terendah sejak Januari.

Lihat : Inflasi Tiongkok Bulan Juni Melambat, Meningkatkan Harapan Stimulus

Tetapi saham keuangan tertinggal di sore hari, dengan jasa keuangan CSI300 turun 0,2 persen di tengah berita bahwa regulator perbankan menyelidiki risiko dalam bisnis tagihan pembiayaan dari beberapa bank komersial.

Sore ini dan esok pagi direncanakan akan dirilis data ekonomi Tiongkok seperti New Yuan Loan dan Loan Growth.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan mencermati rilis data ekonomi, yang jika terelisir positif akan menguatkan bursa Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2891-2793 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3098-3196.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here