Bursa Eropa Bergerak Naik Terpicu Penguatan Data Pekerjaan AS dan Bursa Asia

463

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi di perdagangan Senin (11/07) terpicu hasil positif data pekerjaan AS dan penguatan pasar saham Asia.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.636,43, naik 45,79 poin atau 0,69%

Indeks DAX berada pada posisi 9.766,64, naik 136,98 poin atau 1,42%

Indeks CAC berada pada posisi 4.238,11, naik 47,43 poin atau 1,13%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.249,00, naik 63.10 poin atau 0,77%

Indeks Stoxx 600 Pan Eropa naik 0,33 persen lebih tinggi dengan semua sektor di wilayah positif.

Sentimen pasar secara umum didukung oleh data pekerjaan terbaru dari AS menunjukkan bahwa ekonomi AS telah menambahkan 287.000 pekerjaan pada bulan Juni, mengalahkan ekspektasi. Para ekonom memperkirakan nonfarm payrolls menunjukkan pertumbuhan 175.000 untuk bulan, menurut jajak pendapat Reuters. Tingkat pengangguran datang di 4,9 persen, juga di atas ekspektasi.

Data pekerjaan sangat penting karena kejutan pelambatan dalam data pekerjaan Mei adalah salah satu alasan Federal Reserve AS untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan bulan lalu. Referendum yang menghasilkan Brexit di Inggris Raya juga memberi alasan Fed untuk berhenti sejenak sebelum pengetatan suku bunga lebih lanjut.

Pada hari Senin, pasar Asia juga menguat setelah melaporkan pekerjaan yang kuat dan kemenangan bagi koalisi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pemilihan majelis tinggi. Kemenangan itu kemungkinan akan membuat lebih mudah bagi Abe untuk mendorong melalui reformasi ekonomi.

Pemain terbaik pada indeks adalah Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) naik 8,8 persen pada ekspektasi bahwa bank Italia akan menjual sebagian besar dari pinjaman non-performing untuk dana penyelamatan Bank Italia, Atlante, Reuters melaporkan.

Thyssenkrupp juga salah satu pemain terbaik, naik 4,8 persen, setelah perusahaan baja Jerman mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa dalam pembicaraan dengan India Tata Steel tentang konsolidasi pabrik baja Eropa.

Sektor sumber daya dasar juga diperdagangkan 2,8 persen lebih tinggi, sebagai sektor berkinerja terbaik. Saham penambang Glencore naik 5 persen dan saham Anglo Amerika naik 4,7 persen dan raksasa baja ArcelorMittal diperdagangkan di atas 4 persen lebih tinggi.

Di pasar minyak, harga minyak mentah turun tipis pada awal perdagangan Asia untuk terus dekat posisi terendah dua bulan pada konsumsi musiman lemah, meskipun komentar dari menteri minyak Arab Saudi bahwa pasar minyak menjadi lebih seimbang, Reuters melaporkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkembangan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here