Indeks Shanghai 11 Juli Bergerak Naik Terpicu Harapan Stimulus dan Penguatan Yuan

410
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (11/07), Indeks Shanghai bergerak positif, saat ini terpantau naik 17,40 poin atau 0,58 persen pada 3005.50. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu harapan stimulus dan penguatan Yuan.

Lihat : Akhir Bursa Shanghai 8 Juli Turun 1 Persen; Mingguan Melonjak 2 Persen

Pertumbuhan harga konsumen Tiongkok melambat pada bulan Juni, demikian rilis Biro Statistik Nasional (NBS) Minggu, memberi ruang bagi pemerintah pusat Tiongkok untuk stimulus moneter lebih lanjut untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi.

Indeks harga konsumen (CPI) – pengukur utama inflasi – naik 1,9 persen tahun-ke-tahun, NBS mengatakan, lebih rendah dari bulan Mei 2 persen tapi lebih tinggi dari 1,8 perkiraan median dalam survei Bloomberg oleh para ekonom.

Lihat : Inflasi Tiongkok Bulan Juni Melambat, Meningkatkan Harapan Stimulus

Bank Rakyat China pada Senin menetapkan titik referensi yuan terhadap dolar AS di 6,6843, lebih kuat dengan 0,015 persen atau 10 basis poin dari Jumat. Pedagang diperbolehkan untuk berdagang hingga 2 persen di kedua sisi titik referensi untuk setiap hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak positif terdukung harapan stimulus moneter Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2902-2810 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3109-3212.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here