Kekuatan Rupiah Awal Pekan Banjiri Bursa 1.5 Triliun Dana Asing

453

Mengakhiri perdagangan  pasar valas awal pekan kedua bulan Juli hari Senin (11/7), kurs rupiah yang dibuka lebih kuat dari perdagangan sebelumnya masih menunjukkan kekuatannya melawan dollar AS meskipun dollar AS terhadap rival utamanya sedang rally pendek.

Pergerakan positif  rupiah sepanjang hari  membuat investor asing terus memperbanyak koleksi saham-saham lokal sehingga  dan terbentuk  net buy sebesar Rp1,5 triliun lebih. IHSG yang bergerak positif sejak awal perdagangan  berhasil juga ditutup kuat, IHSG bertahan di zona hijau dengan penguatan   2%.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,55% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13107/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13125/US$.  Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13112  dari  posisi 13172 perdagangan hari Jumat (1/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13178 setelah perdagangan sebelumnya 13238.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  meskipun  dollar AS  hingga akhir perdagangan masih terus menekan rival-rivalnya. Sentimen perburuan aset emerging market masih terus membayangi pasar global.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here