Pinjaman Perumahan Australia Mei Menurun

271

Pasar perumahan Australia didinginkan pada bulan Mei, dengan pinjaman rumah turun untuk kedua kalinya dalam tiga bulan. Jumlah pinjaman rumah yang dikeluarkan di Australia turun pada musiman yang disesuaikan -1% di bulan Mei menyusul kenaikan 1,4% direvisi ke bawah pada bulan April yang pada awalnya dilaporkan sebagai 1,7%, Biro Statistik Australia mengatakan dalam sebuah laporan, Senin (11/07). Perkiraan median dari ekonom memperkirakan kredit rumah jatuh sebesar 1,9% dibandingkan dengan April.

Pinjaman investasi untuk rumah, yang mengukur kredit properti residensial tetap, naik 3,9%, data resmi menunjukkan. Pinjaman investasi telah menurun 5% bulan sebelumnya.

Sebuah ukuran terpisah dari aktivitas pasar yang dirilis bulan lalu oleh Asosiasi Industri Perumahan (HIA) menunjukkan penjualan rumah baru turun 4,4% pada bulan Mei menyusul penurunan 4,7% bulan sebelumnya. The HIA berkomentar bahwa tidak ada yang mengkhawatirkan tentang pendinginan baru-baru ini harga rumah mengingat penurunan siklus yang diharapkan untuk kegiatan pembangunan perumahan baru. Pembangunan perumahan diperkirakan melambat lebih lanjut dalam tahun-tahun mendatang setelah empat tahun pertumbuhan besar.

“Manfaat ekonomi ini disampaikan oleh konstruksi rumah baru dalam beberapa tahun terakhir adalah belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Kepala ekonom HIA Harley Dale dalam sebuah pernyataan bulan lalu. “Ini menciptakan sebuah platform untuk pemerintah Federal untuk memberikan kepemimpinan pada isu-isu kunci dari pasokan perumahan baru, keterjangkauan dan kepemilikan rumah, yang pada gilirannya akan menguntungkan pertumbuhan ekonomi Australia dan standar hidup masa depan.”


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here