Rupiah Senin Siang Semakin Untungkan Bursa Saham

286

Mengamati pergerakan nilai tukar rupiah di pasar valas dan perdagangan antar bank Senin siang (11/7), kurs rupiah semakin kuat setelah  dibuka  lebih tinggi dari perdagangan sebelum libur Lebaran. Namun untuk dollar AS jelang perdagangan sesi Eropa semakin kuat sehingga rupiah dapat terkoreksi akhir perdagangan.

Penguatan  rupiah hingga siang  masih memberikan dorongan bagi investor asing  menambah  aksi beli sahamnya di bursa saham, sehingga terbentuk  net buy  Rp864 miliar lebih. Dan dampak aksi asing ini  membuat   IHSG masih bergerak positif dengan kenaikan 1,5 persen  ke posisi 5047.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot siang ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,61% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13100/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13125/US$.  Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13112  dari  posisi 13172 perdagangan hari Jumat (1/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13178 setelah perdagangan sebelumnya 13238.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hingga akhir perdagangan  diperkirakan masih bergerak negatif, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13139  resistance  13071 per dollar.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here