Saham GIAA Berusaha Terbang Ikuti Kesibukan Layani Lebaran

285

Pergerakan saham maskapai penerbangan nasional Garuda masuki perdagangan awal pekan pasca libur Lebaran bergerak rebound dari perdagangan sebelum libur. Bisnis maskapai yang memiliki pertambahan  penumpang 2 pekan terakhir hingga pekan depan menjadi dorongan bagi kekuatan saham yang terus bergerak konsolidasi selama bulan puasa tahun ini.

Sebagai informasi, pada musim  Lebaran tahun 2016 ini Garuda Indonesia menyiapkan lebih dari 32.000 kursi penerbangan ekstra untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik. Penambahan terdiri dari penambahan 120 frekuensi penerbangan domestik dan 112 penerbangan internasional. Sehingga terjadi  peningkatan 35 persen dari total kapasitas penerbangan ekstra pada periode sama tahun 2015.
Berita tambahan untuk emiten saham berkode GIAA ini, dimana perseroan tahun ini sudah melakukan pembelian 17 unit pesawat untuk anak usahanya Citilink sehingga total armada yang dimiliki oleh perseroan yang nguntung sedikit kuartal pertama lalu sebanyak 197 armada.

GIAA hanya dapat untung dalam 3 bulan tersebut sebesar US$1,02 juta, sedangkan tahun lalu periode yang sama  mencapai US$11,4 juta. Penyebab turunnya laba bersih selain penurunan pendapatan dipicu oleh kerugian kurs hingga  US$8,275 juta  sedangkan pendapatan usaha  hanya US$855,989 juta. Sebagai informasi tahun lalu periode yang sama GIAA alami keuntungan kurs US$18,993 juta dengan pendapatan usaha mencapai US$927,326.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Senin (11/7) saham GIAA dibuka  pada level 470 dari  penutupan perdagangan sebelumnya di level 466. Untuk volume perdagangan saham  hingga sesi kedua hari ini  sudah  mencapai  69 ribu  lot saham  dan pergerakan saham menguat

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham GIAA perdagangan sebelumnya bergerak  lemah  dengan   indikator MA  bergerak datar dan  indikator Stochastic   konsolidasi dibatas area jenuh jualnya. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak turun  dengan +DI bergerak datar. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi saham GIAA berikutnya pada kisaran support di posisi 466 dan level resisten di 474

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here