Coal India Ltd, Produsen Batubara Raksasa Dunia Buyback Saham Senilai $ 544 Juta

234

Coal India Ltd, produsen batubara terbesar di dunia, mengatakan akan membeli kembali saham dari investor senilai 36.5 miliar rupee ($ 544 juta). Kekhawatiran investor atas pemanfaatan kas perusahaan menyebabkan saham menurun.

Penambang yang berbasis di kota Kolkata akan membeli kembali sebanyak 108.950.000 lembar saham masing-masing seharga 335 rupee. Perusahaan ini membuat pengumuman dalam pengajuan bursa Senin malam setelah dewan menyetujui rencana tersebut. Keputusan buy back ini menyebabkan harga saham turun sebanyak 2,4 persen menjadi 313,30 rupee di Mumbai.

Coal India Ltd memiliki cadangan kas sebanyak 383.1 miliar rupee per tanggal 31 Maret. Buyback akan membantu pemerintah federal, yang memegang 79,65 persen saham perusahaan, meningkatkan sumber daya untuk menjembatani defisit anggaran, kata Choksey.

Perusahaan berencana untuk berinvestasi sebesar 626 miliar rupee untuk mencapai target output 1 milyar ton batubara pada tahun 2020, demikian pernyataan menteri batubara Piyush Goyal kepada anggota parlemen tahun lalu.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here