Inflasi Jerman Meningkat Bulan Juni

265

Harga konsumen di Jerman naik di bulan keenam secara tahunan, melanjutkan kenaikan yang terlihat di bulan Mei, demikian pembacaan akhir dari kantor statistik negara (Destatis) Jerman menunjukkan Selasa (12/07).

Inflasi naik 0,3% pada bulan Juni secara tahunan, setelah data flash menunjuk kenaikan yang sama untuk bulan dilaporkan. Pada bulan Mei pengukur naik 0,1% lebih tinggi.

germany-inflation-cpi (2)

Pada basis bulanan CPI meningkat 0,1% pada bulan Juni, cocok dengan cetak kilat dari kenaikan 0,1% dan juga cocok 0,1% peningkatan bulan sebelumnya.

“Perkembangan harga energi (-6,4%) memiliki efek ke bawah pada kenaikan keseluruhan harga pada bulan Juni 2016, seperti yang telah terjadi pada bulan-bulan sebelumnya. Namun, tahun-ke-tahun penurunan harga energi terus melambat ; Mei 2016 sudah -7,9% Terutama harga produk minyak mineral (-11,4%, dari yang minyak pemanas: -19,0% dan motor bahan bakar: -9,4%) turun pada Juni 2016 pada tahun sebelumnya, “. Destatis mengatakan dalam laporan Selasa.

Harga makanan naik 0,1% pada bulan Juni dibandingkan yang sama tahun lalu didorong oleh 4,6% kenaikan tahun-ke-tahun pada harga sayuran dan kenaikan 2,6% di harga buah, laporan inflasi Juni dari Destatis juga mengatakan.

Indeks mengukur perubahan harga terlihat pada barang-barang konsumsi dan jasa, termasuk transportasi, makanan dan perawatan medis. Data CPI adalah penting karena mereka digunakan untuk menghitung perubahan yang diperlukan dalam biaya hidup.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here