Bursa Eropa 13 Juli Bergerak Mixed

299

Bursa Saham Eropa diperdagangkan mixed pada perdagangan Rabu (13/07) setelah reli di pasar di AS dan Asia sebagai pasar mencoba untuk melanjutkan pemulihan pasca-Brexit mereka di tengah harapan pelonggaran kebijakan moneter lebih lanjut.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,11 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.672,49, turun -8,20 poin atau -0,12%

Indeks DAX berada pada posisi 9.919,41, turun -44,66 poin atau -0,45%

Indeks CAC berada pada posisi 4.329,86, turun -1,52 poin atau -0,04%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.502,90, turun -3,10 poin atau -0,04%

Pasar Asia maju pada Rabu, memperpanjang reli global terdorong kenaikan bursa AS di tengah ekspektasi pelonggaran lebih lanjut dari Jepang dan meredanya kekhawatiran Brexit.

Theresa May, yang saat ini sebagai Menteri Dalam Negeri, akan ditetapkan sebagai perdana menteri pada Rabu malam, menggantikan David Cameron yang mengundurkan diri setelah keputusan Brexit bulan lalu. Masih belum jelas kapan May akan melaksanakan Pasal 50, yang memulai proses penarikan dari Uni Eropa; dia telah mengisyaratkan bahwa hal itu bisa akhir tahun ini atau bahkan pada tahun 2017.

Investor juga mengantisipasi kebijakan moneter pelonggaran lebih lanjut dari bank sentral global, termasuk suku bunga potensial yang dipotong dari Bank of England, dan penundaan kenaikan suku dari Federal Reserve AS. Kebijakan moneter lebih mudah diharapkan untuk mendukung pasar.

Sejumlah perusahaan U.K. merilis pernyataan perdagangan Rabu. Kelompok pub Inggris JD Wetherspoons melaporkan penjualan untuk 11 minggu hingga 10 Juli 2016 meningkat sebesar 4,0 persen dan mengatakan itu mengantisipasi “hasil sederhana ditingkatkan untuk tahun keuangan ini”, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Fashion mewah merek Burberry melaporkan pendapatan ritel yang datar dalam tiga bulan sampai 30 Juni dan memperingatkan pendapatan grosir akan lebih lemah dari yang diharapkan sebelumnya, namun saham rally.

Pembangun Inggris Barratt Developments melihat saham lebih rendah meskipun mengatakan laba sebelum pajak untuk tahun ke akhir Juni naik 20 persen dan mengatakan tetap yakin pada fundamental positif dari kedua sektor perumahan dan bisnis.

Di tempat lain, Airbus Perancis mengurangi produksi superjumbo A380, yang telah berjuang untuk memenangkan pelanggan baru di tengah pasar yang bersemangat untuk pesawat widebody. Saham diperdagangkan lebih rendah.

Dan pengecer French Casino diperdagangkan lebih rendah setelah mengatakan penjualan kuartal kedua naik 3,8 persen dibantu oleh bisnis Brasil-nya.

Pembuat kereta Alstom melaporkan penjualan di kuartal yang berakhir 30 Juni hingga 9 persen tahun-ke-tahun tetapi mengatakan pesanan pada periode yang sama turun 55 persen, mengirimkan saham di perusahaan Perancis yang lebih tinggi.

Dalam berita bisnis lainnya, Steinhoff menyetujui £ 597 juta ($ 794.000.000) pengambilalihan anggaran pengecer U.K. Poundland.

Sementara itu, saham Nokia rally setelah memperluas paten lisensi kesepakatan dengan Korea Selatan Samsung, yang akan menyebabkan dorongan dalam penjualan untuk pembuat peralatan telekomunikasi Finlandia tersebut.

Harga logam rally pada Rabu dengan tembaga London melewati posisi $ 5.000 untuk pertama kalinya sejak akhir April di tengah selera risiko baru di kalangan investor, terkait dengan prospek kebijakan moneter lebih mudah.

Sentimen positif pada logam mendorong saham pertambangan yang lebih tinggi dengan saham-saham seperti Antofagasta, Arcelor Mittal dan Anglo American reli.

Tetapi di tempat lain di ruang komoditas, harga minyak berada di bawah tekanan. Sejumlah saham minyak berada di merah termasuk BP dan Statoil.

Sejumlah bank Italia diperdagangkan lebih tinggi pada hari Rabu setelah beberapa berita positif untuk sektor ini. Menteri Keuangan Italia Pier Carlo Padoan mengatakan sektor perbankan Italia adalah “padat” dan kebutuhan recapitlization dari pemberi pinjaman negara yang dilebih-lebihkan. Investor khawatir tentang jumlah besar kredit macet yang dimiliki oleh bank Italia yang bisa menimbulkan ancaman bagi kreditur lain zona euro.

Saham Unicredit rally setelah menjual saham minoritas di dua unit tersebut, meningkatkan € 1 miliar ($ 1,1 milyar).

Dan saham Banca Monte dei Paschi di Siena juga lebih tinggi setelah laporan bahwa JP Morgan dapat dipilih untuk mengelola penjualan sekitar 10 miliar euro kredit bermasalah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan bergerak positif mengikuti penguatan bursa Asia, meredanya ketidakpastian politik Inggris, serta akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here