Malaysia Secara Mengejutkan Turunkan Tingkat Suku Bunga Menjadi 3 Persen

287

Bank Sentral Malaysia secara tak terduga memotong suku bunga untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, bergabung dengan rekan-rekannya di Asia, mulai dari Indonesia sampai ke Taiwan yang telah menurunkan tingkat suku bunganya tahun ini untuk meningkatkan perekonomian mereka ditengah risiko global yang meningkat.

Bank Negara Malaysia menurunkan suku bunga pinjamannya semalam sebanyak 25 basis poin menjadi 3 persen, demikian pernyataan Bank Sentral Malaysia hari Rabu di Kuala Lumpur.

Gubernur Muhammad Ibrahim menghadapi tekanan yang meningkat untuk menurunkan biaya pinjaman untuk memacu ekonomi ditengah-tengah pertumbuhan ekonomi yang paling lambat dalam tujuh tahun , pendapatan minyak yang anjlok serta nilai ekspor yang lemah. Keputusan mengejutkan U.K. bulan lalu untuk meninggalkan Uni Eropa telah memperburuk prospek pertumbuhan global, termasuk berkurangnya permintaan untuk barang-barang Malaysia.

Bank sentral memangkas proyeksi inflasi untuk tahun ini dari 3,5 persen menjadi 2,5 persen. Harga konsumen untuk bulan Mei naik 2 persen dibandingkan tahun lalu.

Nilai tukar mata uang ringgit telah menguat 7,5 persen terhadap dolar tahun ini, pemain terbaik di Asia setelah yen Jepang.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here