Pasar Global Semakin Stabil, Inggris Telah Memiliki PM Baru

196

MSCI All-Country World Index naik 0,2 persen pada 10:38 waktu London, berada diatas 0,4 persen lebih kuat dari penutupan pada hari sebelum hasil referendum Inggris diumumkan.
Stoxx 600 Index Eropa naik 0,3 persen, naik untuk hari kelima dalam kemenangan beruntun terpanjang sejak suara Brexit.

Indeks perusahaan komoditas Eropa menuju level tertinggi sejak Agustus sebagai reli tembaga membantu Glencore Plc dan BHP Billiton Plc naik setidaknya 1,9 setiap persen. Nokia Oyj melaju ke level tertinggi sejak April setelah banyaknya perkembangan positif mengenai perjanjian lisensi silang dalam hal paten dengan Samsung Electronics Co.

Harga saham Accor SA naik setelah mengumumkan rencana untuk memisahkan Unit HotelInvest dan akhirnya menjual saham mayoritasnya di anak perusahaan.

Harga saham Playtech Plc juga naik setelah mengatakan akan membeli Best Gaming Technology yang berbasis di Wina, GmbH senilai € 138.000.000 ($ 153.000.000).

Steinhoff International Holdings NV setuju untuk membeli Poundland Group Plc dari Inggris senilai 597 juta pound ($ 794.000.000) sehari setelah AMC Entertainment Holdings Inc. pindah ke Odeon & UCI Movie Grup yang bernilai 921 juta pound.

Bank Pekao SA, bank yang terbesar kedua di Polandia, turun 4,5 persen, penurunan terbesar dalam lebih dari satu tahun, setelah Italia UniCredit SpA mengatakan bank tersebut akan menjual sebanyak 10 persen dari saham perusahaan untuk meningkatkan modal.

MSCI Emerging Markets Index naik 0,2 persen. Hang Seng China Enterprises Index Hong Kong naik 0,6 persen. Nilai ekspor dan impor Tiongkok dalam dollar anjlok untuk bulan Juni yang mencerminkan pengaruh dari melemahnya mata uang.

Mata Uang

Yen menguat 0,1 persen menjadi 104,55 per dolar, setelah meluncur lebih dari 4 persen selama dua hari terakhir. Pound naik 0,2 persen menjadi $ 1,3270, menuju kemenangan beruntun terpanjang dalam dua bulan, sebelum Theresa May dilantik menjadi perdana menteri Inggris ke 54, mengakhiri periode ketidakstabilan politik yang telah berlangsung sejak pemilihan Uni Eropa.

Hasil referendum mendorong sterling untuk masuk kedalam hari terburuk dalam sejarah, pound jatuh ke level terendah sejak 1985 pekan lalu, sebelum pulih beberapa hari yang lalu.

Ringgit Malaysia melemah setelah bank sentral memangkas suku bunga yang mengejutkan pasar.

Komoditas

Minyak mentah turun 1,3 persen menjadi $ 46,20 per barel, setelah melompat 4,6 persen pada Selasa. Tembaga naik 1,5 persen di London, membangun kemajuan 3,9 persen selama tiga hari perdagangan terakhir. Bijih besi naik ke level tertinggi sejak April di Dalian Commodity Exchange. Harga baja rebar diperdagangkan mendekati 10-minggu tertinggi di Shanghai. Nikel turun 1,7 persen, mundur dari tertinggi delapan bulan.

Kapas melonjak sebanyak 5 persen ke level tertinggi dua tahun di Tiongkok setelah AS Departemen Pertanian AS memotong proyeksi produksi dunia dan stok yang lebih besar dari perkiraan para analis.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here