Permasalahan “Money Helicopter” Bayangi Laju Yen Sesi Eropa 13 Juli

314

Pergerakan kurs yen Jepang perdagangan forex sesi Eropa masih mampu bergerak kuat setelah 2 hari berturut ditekan dollar AS pasca hasil pemilu akhir pekan lalu. Yen yang sudah menguat diawal perdagangan bergerak konsolidasi setelah dilaporkan pemerintah Jepang akan mengeluarkan kebijakan “money helicopter”.

Yen menguat kembali setelah kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga membantah pemberitaan beberapa media lokal yang menyampaikan isyu kebijakan pemerintahan Shinzo Abe tersebut. Pejabat tersebut mengatakan pemerintah  berencana untuk memperkenalkan stimulus ekonomi yang komprehensif dan berani.

Sebagai informasi, “money helicopter” merupakan kebijakan yang melibatkan bank sentral langsung membeli obligasi pemerintah untuk membiayai pengeluaran pemerintah dan juga melakukan  pemotongan pajak.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa  (09:00:35 GMT) menguatterhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi pada  104.70 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 0,3% dan nilai pair bergulir berada pada 104,42.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam masih berpotensi lemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya  lanjut turun  ke kisaran  103,31-102.86. Namun jika terjadi koreksi, pair dapat naik  kembali ke kisaran 105,40-105.96.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here