Beige Book The Fed : Optimisme Prospek Ekonomi Tetap Kuat

260

Menurut Ringkasan Federal Reserve terbaru dari Kondisi Ekonomi Saat (Beige Book), sebagian besar distrik Federal Reserve melaporkan pertumbuhan moderat dalam periode terakhir. Secara keseluruhan kepercayaan pada prospek ekonomi tetap kuat, meskipun akan ada sedikit kekuatiran Fed dalam hal tekanan inflasi, akan ada beberapa kekhawatiran lebih lanjut seputar pengetatan pasar tenaga kerja dan tekanan ke atas pada upah.

Belanja konsumen umumnya positif tetapi dengan beberapa tanda-tanda pelemahan. Ada beberapa perlambatan penjualan mobil, meskipun aktivitas tetap pada tingkat yang kuat.

Aktivitas manufaktur mixed, tetapi umumnya meningkat di seluruh distrik, yang sejalan dengan bukti survei ISM baru-baru ini.

The Fed melaporkan peningkatan secara keseluruhan dalam permintaan kredit dan aktivitas real estate terus menguat, lagi pencocokan data terbaru di sektor perumahan.

Prospek ekonomi yang umumnya positif di spektrum yang luas dari ekonomi termasuk penjualan ritel, manufaktur dan real estate.

Tingkat Pekerjaan terus tumbuh moderat sejak laporan sebelumnya, meskipun dengan beberapa pelemahan di sektor ritel.

Tekanan upah tetap moderat sampai sedang di sebagian besar distrik dengan tekanan kuat terkait dengan pekerja terampil di posisi yang sulit untuk dipenuhi di tengah permintaan yang kuat untuk tenaga kerja terampil. Ada beberapa tekanan ke atas pada upah entry-level dan perusahaan yang tidak meningkatkan upah, yang tersisa dengan pekerja dengan ketrampilan lebih rendah.

Meskipun tekanan upah, tekanan harga tetap sedikit dengan kontak umumnya melaporkan ada gerakan harga jual, sementara harga input dan harga perumahan meningkat.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here