Bursa Saham Eropa Dan Asia Pasifik Menguat

243

Stoxx Europe 600 Index naik 0,9 persen pada 08:20 di London. MSCI Asia Pacific Index naik 0,1 persen, setelah maju 3,6 persen selama tiga sesi terakhir. Jepang Topix ditutup pada level tertinggi satu bulan.

Etsuro Honda, penasihat Abe memperingatkan ada risiko Jepang bisa setiap saat kembali ke deflasi. Bernanke mencatat bahwa helikopter uang – di mana pemerintah menerbitkan obligasi perpetual non-marketable tanpa tanggal jatuh tempo dan Bank of Japan langsung membeli mereka – bisa bekerja sebagai alat terkuat untuk mengatasi deflasi, menurut Honda.

Indeks saham Singapura turun 0,1 persen sebelum perdagangan saham terbesar di Asia Tenggara ini dihentikan pada 11:38 waktu setempat karena kesalahan teknis.

Shanghai Composite Index mundur 0,2 persen dari tinggi tiga bulan sebagai ukuran teknis menunjukkan saham Cina overbought untuk pertama kalinya sejak ketinggian gelembung pasar saham pada bulan Juni 2015. Indeks telah meningkat 15 persen sejak mencapai rendah tahun ini pada bulan Januari dan indeks kekuatan relatif melebihi 70 pada penutupan Rabu, sinyal untuk beberapa investor pembalikan kemungkinan.

Nintendo Co melonjak 16 persen ke tertinggi lima tahun, didorong oleh keberhasilan game mobile Pokemon Go-nya. China Steel Corp melonjak di Taipei , Hyundai Motor Co turun sebanyak 3,3 persen di Seoul setelah pekerja di Korea Selatan melakukan protes terhadap upah dan kondisi kerja. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co naik 0,3 persen sebelum perusahaan membukukan laba yang lebih baik dari perkiraan.

Mata Uang

Yen Jepang melemah 1 persen terhadap dolar AS, setelah sebelumnya menguat sebanyak 0,5 persen. Pound 0,5 persen lebih kuat, setelah melemah sebelumnya sebanyak 0,3 persen.
Won Korea Selatan naik sebanyak 0,8 persen ke level tertinggi dua bulan. Bank of Korea menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini menjadi 2,7 persen, dari proyeksi April 2,8 persen, dan memangkas perkiraan inflasi menjadi 1,1 persen dari 1,2 persen. Revisi tersebut lebih sederhana daripada yang diantisipasi dan menyarankan tidak ada kebutuhan mendesak untuk pemotongan biaya pinjaman, demikian pendapat Hong Sup Shin, kepala pendapatan tetap di Truston Asset Management di Seoul.

Kiwi jatuh 0,7 persen setelah Reserve Bank of New Zealand mengatakan akan menerbitkan surat ketetapan ekonomi yang dijadwalkan ekonomi minggu depan, mendorong pedagang untuk meningkatkan taruhan pada pemotongan suku bunga pada bulan Agustus. Kemungkinan penurunan seperempat poin pada review kebijakan berikutnya pada 11 Agustus meningkat menjadi lebih dari 60 persen dari 40 persen.

Komoditas

West Texas Intermediate minyak mentah naik 1,5 persen pada $ 45,40 per barel, setelah jatuh 4,4 persen pada Rabu, karena data yang AS menunjukkan kenaikan tak terduga pada persediaan bensin.

Emas turun 0,8 persen menjadi $ 1.332 per ounce, setelah maju 0,7 persen pada sesi terakhir. Itu diperdagangkan pada sekitar $ 1.260 sebelum Brexit.

Jagung naik 1,3 persen di Chicago, naik untuk hari ketiga sebagai perkiraan cuaca panas dan kering di Midwest, AS yang akan memperburuk hasil panen.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here