Rupiah Kamis Berhasil Rally, Nyaman di Kisaran 13000

255

Mengakhiri perdagangan  pasar valas  hari Kamis (14/7), kurs rupiah yang bergerak positif dengan trend sideways  sepanjang hari berhasil menambah kekuatannya melawan dollar AS. Hingga perdagangan sore ini di pasar spot forex dollar AS masih dalam tekanan rival-rival utamanya ditengah pasar global fokus kepada rilis kebijakan moneter BOE yang terbaru.

Kekuatan rupiah sepanjang hari  kembali menjadi dorongan kuat bagi  investor  asing koleksi  saham-saham lokal  dengan   net buy  harian sebesar Rp511 miliar  lebih. Namun aksi asing ini  sepihak sehingga belum mampu membuat   IHSG terangkat dari profit taking investor lokal yang akhirnya anjlok 1 persen  ke posisi 5084.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13073/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13082/US$.  Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah  Kamis   diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13088  dari  posisi 13095 perdagangan hari Rabu (13/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13160 setelah perdagangan sebelumnya 13217.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  seiring tekanan yang diterima   dollar AS   dari  rival-rivalnya hingga akhir perdagangan.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here