Theresa May Resmi Menjadi Perdana Menteri Inggris Raya

247

Theresa May telah ditetapkan sebagai Perdana Menteri pada audiensi dengan Ratu Elizabeth di Istana Buckingham, Inggris, Rabu (13/07).

Theresa May menjadi Perdana Menteri perempuan kedua dari Inggris. May berusia 59 tahun lahir di Essex, alumni dari Universitas Oxford di mana ia belajar geografi. Sebelum menjadi anggota parlemen (MP), May bekerja di Bank of England dan melanjutkan untuk posisi di Association for Payment Clearing Services (APACS) sebagai Head of European Affairs Unit and Senior Adviser on International Affairs.

May menikah dengan bankir Philip May tahun 1980 setelah keduanya bertemu di sebuah pesta dansa Asosiasi Konservatif sementara May sedang belajar di Universitas Oxford.

Dia mulai mengisi amplop di Asosiasi Konservatif setempat sebelum menjadi anggota dewan di London Borough of Merton 1986-1994.

Dari tahun 1988 sampai 1990 ia adalah Chairman of Education; setelah itu ia menjadi Deputy Group Leader and Housing Spokeswoman antara tahun 1992 dan 1994.

May menjadi Anggota Parlemen terpilih untuk Maidenhead pada Mei 1997 di mana dia saat ini tinggal dan merupakan juru kampanye aktif. Kampanye nya termasuk meningkatkan layanan kereta lokal, masuknya unit luka ringan di Rumah Sakit St. Marks dan peningkatan pusat kota Maidenhead.

May cepat menonjol di Partai Konservatif dan telah menduduki beberapa posisi di Parlemen sejak tahun 1997. Dia adalah anggota Kabinet Bayangan 1999-2010, termasuk sebagai Shadow Secretary of State for Education and Employment, Shadow Secretary for State for Work and Pensions dan Shadow Leader of the House of Commons.

Dari tahun 2002 sampai 2003 ia menjadi wanita pertama Ketua Partai Konservatif.

May diangkat Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perempuan dan Kesetaraan pada Mei 2010 oleh Perdana Menteri David Cameron sebagai bagian dari kabinet pertamanya. Dia menjadi Menteri Dalam Negeri yang terlama dari zaman modern.

Dalam perannya sebagai Menteri Dalam Negeri, dia memimpin pekerjaan pemerintah untuk membebaskan polisi untuk memerangi kejahatan lebih efektif, mengamankan perbatasan dan mengurangi imigrasi. Dia juga bekerja untuk melindungi U.K. dari terorisme.

Menjadi salah satu anggota kabinet wanita paling senior dari Partai Konservatif, May bekerja menuju kesetaraan dan adopsi hak Perempuan.

Sebagai pemilih ‘Tetap’, Mei telah berjanji untuk menyatukan mereka yang terpecah dengan referendum Uni Eropa. Sementara dia mendukung kampanye ‘tetap’, Mei tidak secara luas berkampanye dalam referendum.

Dalam pidato setelah konfirmasi sebagai pemenang kontes kepemimpinan Partai Konservatif, Mei menegaskan komentar sebelumnya bahwa tidak akan ada referendum atau backdoor kedua upaya untuk bergabung dengan Uni Eropa dan berjanji untuk menetapkan rencana ekonomi untuk menghadapi ketidakstabilan saat ini.

“Brexit berarti Brexit, dan kita akan membuat keberhasilan itu,” kata May.

Pasar keuangan positif dengan pengumuman konfirmasi Theresa May sebagai Perdana Menteri baru dari U.K. tetapi analis telah memperingatkan bahwa ini mungkin merupakan reaksi spontan dan ketidakpastian akan terus ada.

Dalam sambutannya kepemimpinannya, May berjanji untuk menindak gaji eksekutif dengan membuat suara pemegang saham mengikat daripada penasehat dan menempatkan pekerja ke dewan perusahaan. “Kita seharusnya tidak lagi berusaha untuk mencapai surplus anggaran pada akhir Parlemen,” kata Mei dalam sambutannya.

May juga mengatakan bahwa dia tidak akan melaksanakan untuk pemilihan awal. Sementara pemilihan umum berikutnya dijadwalkan untuk tahun 2020, tidak jelas apakah May akan mengelola untuk memegang Partai Konservatif bersama-sama. Tapi kekhawatiran yang lebih besar sebelum itu dipicu sekitar Pasal 50.

May sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak akan memicu Pasal 50 untuk memulai negosiasi penarikan dari Uni Eropa sampai tahun depan, dia naik lebih cepat dari yang diharapkan menimbulkan prospek bahwa dia bisa menyerahkan pemberitahuan resmi peisahan Uni Eropa sebelum akhir 2016.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here