Bursa Shanghai 15 Juli Berakhir Flat; Mingguan Maju 2 Persen

468
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (15/07), indeks Shanghai berakhir flat, turun tipis 0,33 poin, atau -0,01 persen, ke 3053.68. Pergerakan flat Indeks Shanghai terpicu hasil pertumbuhan ekonomi Tiongkok kuartal kedua yang stabil menurunkan harapan stimulus Beijing.

Secara mingguan indeks Shanghai masih mencatatkan hasil positif, naik 2,2 persen, sebagian besar terdorong harapan stimulus dari pemerintah Beijing.

Lihat : Indeks Shanghai 15 Juli Menguat Terdukung Pertumbuhan Ekonomi Stabil

Ekonomi Tiongkok tumbuh 6,7 persen pada kuartal kedua dari tahun sebelumnya, stabil dari kuartal pertama dan sedikit lebih baik dari yang diperkirakan karena pemerintah meningkatkan upaya untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan produk domestik bruto (PDB) akan turun menjadi 6,6 persen pada kuartal kedua, yang akan menjadi terlemah sejak krisis keuangan global.

PDB kuartal kedua naik 1,8 persen secara kuartal-ke-kuartal, kata biro statistik pada hari Jumat (15/07), juga lebih baik daripada perkiraan ekonom.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Kuartal Kedua Stabil 6,7 Persen

“Hasil PDB yang lebih baik dari perkiraan saat ini menunjukkan bahwa paket stimulus besar-besaran oleh pemerintah akan tidak mungkin,” tulis ekonom di ANZ Bank di Hong Kong.

Sedangkan penjualan ritel untuk bulan Juni di Tiongkok naik 10,6 persen pada tahunan, produksi industri untuk Juni tumbuh 6,2 persen pada tahunan, sementara investasi aktiva tetap untuk periode Januari-Juni naik 9 persen pada tahun, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak menguat dengan data pertumbuhan ekonomi Tiongkok kuartal kedua dan data ekonomi lainnya yang menguat. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2962-2849 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3164-3283.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here