Harga Batubara Rotterdam Naik Terdukung Kenaikan Minyak Mentah

309

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari (15/07), harga batubara Rotterdam naik, terdukung kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah naik sebanyak 2 persen pada penutupan perdagangan AS Jumat dinihari tadi, terdukung pelemahan dollar AS, sehari setelah minyak mentah berjangka terpukul oleh permintaan AS yang lemah untuk bahan bakar selama musim panas.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik 93 sen, atau 2 persen, di $ 45,68, setelah naik setinggi $ 45,80 di awal sesi.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan 2 persen lebih tinggi, naik 94 sen, pada $ 47,20 per barel, dari puncak sesi $ 47,47.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik 2 Persen Dengan Pelemahan Dollar AS

Di akhir perdagangan harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak September 2016 berada di posisi 61,30 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penguatan sebesar 0,50 dollar atau setara dengan 0,80 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Naik Hampir 1 Persen Terdukung Pelemahan Dollar AS

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi pelemahan dollar AS setelah keputusan BOE dan meredanya ketidakpastian politik di Inggris Raya.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 61,80 dollar dan Support kedua di level 62,30 dollar. Sedangkan level Support yang akan diuji jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 60,80 dollar dan 60,30 dollar.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here