Jualan Mobil di Inggris Bulan Juni Kurang Laku

281

Melihat perkembangan penjualan mobil di pasar mobil besar kawasan Eropa pada bulan keenam tahun ini, penjualan meningkat kecuali Inggris. Kondisi politik dan keamanan kedua negara tersebut menjadi penyebab penjualan mobil di negeri tersebut kurang laku. Namun melempemnya penjualan mobil di kedua negara tidak memangkas pertumbuhan pasar mobil Eropa yang selama 34 bulan terakhir terus meningkat.

Menurut laporan asosiasi Produsen Eropa Automobile atau ACEA, penjualan mobildi kawasan Eropa pada bulan Juni meningkat   6,9% menjadi 1,46 juta kendaraan. Peningkatan penjualan bulanan selama 34 bulan berturut dengan puncak penjuala terebsar sepanjang sejarah terjadi pada Juni 2007.   Dan sepanjang enam bulan pertama tahun ini penjualan mobil baru kawasan Eropa  naik 9,4% menjadi 7,8 juta kendaraan.

Untuk penjualan mobil di Inggris, pada bulan Juni lalu turun hingga 0,8 persen dari tahun sebelumnya di 2015. Anjloknya angka penjualan paling banyak didominasi oleh penjualan pribadi dan disebabkan oleh ketakutan konsumen disaat negeri Inggris putuskan untuk keluar dari Uni Eropa. Menurut asosiasi  penjualan mobil di Inggris Raya bisa terus turun dalam beberapa bulan mendatang, dan ini bisa membahayakan  produsen di negara-negara seperti Jerman yang mengekspor sejumlah besar kendaraan ke Inggris.

Sebagai informasi berdasarkan laporan ACEA, penjualan pasar mobil terbesar Eropa Jerman meningkat hingga 8,3 persen. Berikutnya di Italia alami peningkatan 11,9 persen, Spanyol meningkat 11,2 persen dan Perancis naik tipis hingga 0,8%.

H Bara/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here