Topix Jepang Naik Lima Hari Berturut-Turut, Terbaik Satu Pekan Sejak 2009

328

Saham Asia menguat untuk hari kelima, di jalur untuk masuk ke satu minggu terbaik dalam tiga bulan karena prospek positif dari Jepang.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,1 persen pada 09:50 waktu Tokyo, naik 4,1 persen untuk minggu ini, terbesar sejak April.

Topix naik untuk hari kelima berturut serta telah naik 0,3 persen, di jalur untuk pekan terbaik sejak 2009. Di Australia, indeks S & P / ASX 200 Index naik 0,3 persen, penguatan tujuh hari berturut-turut didorong oleh saham energi dan bank, sementara indeks Kospi di Seoul naik 0,4 persen.

Di Hong Kong, indeks Hang Seng dan Hang Seng China Enterprises indeks naik setidaknya 0,4 persen di sebagian besar perdagangan terakhir, dan FTSE Cina A50 Indeks naik 0,1 persen.

Pasar saham Singapura akan buka kembali seperti biasa hari Jumat ini, demikian pernyataan CEO bursa, Loh Boon Chye. Loh meminta maaf untuk kerusakan teknis yang menimpa bursa terbesar di Asia Tenggara yang terpaksa menghentikan perdagangan saham pada hari Kamis kemarin.

Mata Uang

Yen tergelincir 0,2 persen menjadi 105,57 per dolar, di jalur untuk penurunan mingguan sebesar 5 persen, penurunan terbesar sejak Februari 1999.

Ben S. Bernanke, mantan ketua Federal Reserve, bertemu dengan para pejabat di Tokyo minggu ini dan dilaporkan telah melayangkan gagasan supaya Jepang menerbitkan obligasi abadi. Pemerintah Jepang membantah laporan surat kabar Sankei yang menuliskan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan kebijakan yang dikenal sebagai uang helikopter – yang melibatkan pembiayaan langsung dari pengeluaran pemerintah oleh bank sentral.

Kiwi turun 0,6 persen, memperpanjang penurunan pekan ini menjadi 2,1 persen, sedangkan Aussie melemah 0,2 persen menjadi 76,17 sen AS.

Won Korea naik 0,4 persen untuk hari ketiga, ke 1,133.16 per dolar AS.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here