Yuan Tiongkok Merosot Terendah 5,5 Tahun

365

Yuan Tiongkok mencapai titik terendah lima setengah tahun baru pada Senin karena bank sentral menetapkan suku bunga acuan pada level terendah sejak Oktober 2010.

Penurunan yuan datang dengan data terakhir pada lonjakan pertumbuhan kredit dan pelarian modal membayangi angka yang menunjukkan lebih baik dari perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk kuartal kedua.

Pada Senin pagi, yuan onshore di Shanghai pada satu tahap disusutkan ke 6,6955 per dolar, level terlemah sejak September 2010. Ini terjadi setelah Bank Rakyat China menetapkan tingkat referensi yuan pada 6,6961 terhadap dolar AS, turun 156 basis poin atau 0,23 persen dari penetapan Jumat, mendekati level terendah dalam enam tahun.

Yuan Onshore berdiri di 6,6951 per dolar AS pada pukul 10:13, 86 basis poin atau 0,13 persen lebih lemah dari hari sebelumnya. Yuan offshore di Hong Kong sedikit menguat, naik 53 pips atau 0,08 persen ke 6,7042 melawan greenback.

Tiongkok pada hari Jumat melaporkan pertumbuhan produk domestik bruto 6,7 persen untuk kuartal kedua, yang cocok dengan kuartal pertama dan mengalahkan ekspektasi pedagang dan ekonom.

Secara terpisah, data resmi menunjukkan kredit baru yang dikeluarkan oleh bank-bank dalam negeri pada bulan Juni mencapai 1,3 triliun yuan (HK $ 1.5 triliun), mengalahkan ekspektasi pasar dari 1 triliun yuan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here