Bursa Eropa Berakhir Mixed, Kekuatiran Geopolitik Masih Mencoba Menekan

332

Bursa Eropa selesai mixed dalam akhir perdagangan Senin malam dengan setimen positif reli di saham ARM setelah Softbank mengajukan tawaran $ 32 miliar untuk raksasa semikonduktor, namun kekuatiran geopolitik global terus menambah tekanan ke wilayah Eropa tersebut.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup di wilayah positif, berakhir naik 0,2 persen.

Indeks FTSE berakhir pada posisi 6.695,42, naik 26,18 poin atau 0,39%

Indeks DAX berakhir pada posisi 10.063,13, turun -3,77 poin atau -0,04%

Indeks CAC berakhir pada posisi 4.357,74, turun -14,77 poin atau -0,34%

Indeks IBEX 35 berakhir pada posisi 8.524,40, turun -6,60 poin atau -0,08%

Softbank mengumumkan pada Senin bahwa mereka akan membayar £ 17 per saham untuk ARM Holdings, premi 43 persen pada harga penutupan Jumat, dalam sebuah kesepakatan all cash. Saham ARM rally lebih dari 46 persen, sebelum menutup sekitar 40,9 persen. Produsen chip lainnya termasuk Dialog Semiconductor dan Austria Microsystems semua selesai lebih tinggi, penutupan di atas 4,5 persen masing-masing.

Investor juga mencerna kondisi geopolitik karena beberapa stabilitas kembali ke tenggara Eropa setelah kudeta yang gagal terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat.

Turki melakukan tindakan keras terhadap pendukung kudeta pada hari Minggu, mengambil jumlah orang yang ditangkap dalam angkatan bersenjata dan peradilan sekitar 6.000, Reuters melaporkan. Kerusuhan di Turki menambah tekanan ke saham seperti Thomas Cook dan TUI, yang keduanya berakhir dalam zona merah saham perjalanan.

Dalam berita lainnya, Perancis mulai hari ketiga berkabung pada hari Senin untuk korban serangan Bastille Day di Nice yang menewaskan 84 orang. 

Ketegangan juga terjadi di AS setelah tiga petugas polisi ditembak mati di Baton Rouge oleh seorang pria bersenjata dalam serangan penyergapan pada hari Minggu.

Pasar global, bagaimanapun, mencoba mengusir kekhawatiran geopolitik, dengan pasar Asia menutup sebagian besar lebih tinggi, dan saham AS diperdagangkan lebih tinggi karena investor mencerna musim pendapatan. Di tempat lain, Bank Sentral Eropa menerbitkan daftar pertama dari pembelian obligasi korporasi pada hari Senin.

Dalam berita saham individu, Credit Suisse memangkas prospek pada Glencore dari “outperform” menjadi “netral” tapi menaikkan target harga untuk saham bersama dengan Anglo American, Rio Tinto dan BHP Billiton. Semua saham tersebut ditutup di teritori negatif, dengan pengecualian dari Glencore, yang pulih, untuk menutup 0,2 persen.

Sementara itu, harga minyak turun lebih dari 2 persen pada perdagangan akhir di London, dengan Brent dan AS mentah melayang sekitar $ 46,76 dan $ 45,11 masing-masing, di penutupan Eropa. Harga berada di bawah tekanan karena meningkatnya persediaan bahan bakar kasar dan halus memicu kekhawatiran atas peningkatan kekenyangan lain di pasar.

Sementara sebagian besar saham energi ditutup lebih rendah, SBM Offshore melonjak 15,3 persen setelah perusahaan minyak mengumumkan akhir pekan lalu bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan keringanan hukuman dengan pemerintah Brasil dan Petrobras.

Di tempat lain, bank-bank menjadi fokus. Banca Monte dei Paschi di Siena ditutup hampir 2 persen turun setelah Moody `s menurunkan peringkat bank subordinasi dan diperkirakan kekurangan modal 2-5 miliar euro pada pemberi pinjaman Italia bermasalah.

Spanyol BBVA berakhir 2,8 persen turun setelah Credit Suisse menurunkan target harga untuk saham. kudeta gagal di Turki juga menambahkan tekanan untuk pemberi pinjaman Spanyol, dengan BBVA memiliki dekat dengan 40 persen saham di bank Turki Garanti, menurut Reuters.

Ericsson juga fokus pada Senin, setelah pembuat peralatan telekomunikasi membantah melakukan kesalahan setelah sebuah laporan surat kabar Svenska Dagbladet. Menurut laporan tersebut, perusahaan Swedia mengeluarkan pernyataan, mengatakan bahwa “klaim bahwa Ericsson dengan cara yang salah telah melaporkan laba dalam akuntansi adalah tidak benar”. Saham ditutup lebih dari 3 persen ke bawah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif mengikuti penguatan bursa Wall Street dan akan mencermati data ekonomi zona Eropa hari ini .

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here