Harga Produsen Korea Selatan Juni Naik Tiga Bulan Berturut

279

Harga di Korea Selatan di antara produsen pemasok barang dan jasa naik untuk bulan ketiga berturut-turut bulan lalu karena harga minyak mentah yang lebih tinggi, data bank sentral menyatakan pada Selasa (19/07).

Indeks harga produsen (PPI), yang tercermin dalam harga konsumen dengan gap waktu tertentu, berdiri di 99,01 pada bulan Juni, naik 0,2 persen dari bulan sebelumnya, menurut Bank of Korea (BOK).

south-korea-producer-prices (3)

Ini adalah bulan ketiga berturut-turut keuntungan setelah naik 0,3 persen pada bulan April dan 0,1 persen di bulan Mei setiap.

Momentum kenaikan diikuti harga minyak mentah yang lebih tinggi. Minyak mentah Dubai, patokan Korea Selatan, rata-rata 46,3 dolar AS per barel pada bulan Juni, naik dari 35,2 dolar pada Maret.

Harga barang-barang industri naik 0,5 persen pada Juni dari bulan sebelumnya. Harga untuk produk batubara dan minyak menguat 4,3 persen, dengan harga produk logam utama naik 1,9 persen. Harga untuk produk kimia dan elektronik turun masing-masing 0,4 persen dan 0,1 persen.

Harga barang pertanian menurun 1,7 persen. Produk pertanian anjlok 7,6 persen pada harga sayuran lebih rendah, tetapi untuk produk ternak dan perikanan meningkat masing-masing 5,9 persen dan 1,2 persen.

Harga makanan dan minuman naik tipis 0,4 persen, dan harga makanan segar seperti sayuran jatuh 7,6 persen. Tapi, harga energi naik 1,6 persen pada harga minyak yang lebih tinggi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here