Inflasi Inggris Juni Naik Melebihi Perkiraan

459

Inflasi Inggris naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juni, menurut Kantor Statistik Inggris, Selasa (19/07). Indeks Harga Konsumen Inggris terdaftar 0,5% pada basis tahun-ke tahun, naik dari tingkat pertumbuhan Mei pada 0,3%.

Menurut jajak pendapat oleh Thomson Reuters ini di atas perkiraan 0,4% YoY. Inflasi terus tetap tertekan, tapi dari tingkat yang lebih buruk dari 2015 di mana CPI berada di wilayah deflasi.

united-kingdom-inflation-cpi (4)

Untuk inflasi bulan Juni naik 0,2%, sejalan dengan pertumbuhan 0,2% pada bulan Mei dan estimasi analis.

Pengeluaran harga input yang mudah menguap seperti pangan dan energi, data inflasi ‘inti’ menunjukkan inflasi tumbuh 1,4% dari tahun sebelumnya. Ini naik dari 1,2% pada bulan Mei dan di atas perkiraan analis sebesar 1,3%.

united-kingdom-core-inflation-rate

Pekan lalu, Bank of England mengejutkan pasar dengan tidak memotong suku bunga acuan dari 0,50% menjadi 0,25% terkait hasil ‘Brexit’. BoE sangat diharapkan untuk menurunkan suku untuk membantu mencegah kelemahan ekonomi diantisipasi ke depan sebagai akibat dari Inggris meninggalkan Uni Eropa. Sementara bank sentral tidak memangkas suku bulan ini, mereka telah menyatakan bahwa pertemuan Agustus adalah sangat mungkin waktu bagi mereka untuk melakukannya.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here