Optimisme Ekonomi Jerman Anjlok Terendah 3,5 Tahun Akibat Brexit

655

Optimisme investor Jerman jatuh pada bulan Juli ke level terendah sejak November 2012 dan jauh lebih dari yang diperkirakan, demikian survei lembaga think tank ZEW Jerman menunjukkan Selasa (19/07).

Indikator terbaru lembaga ZEW yang berbasis di Mannheim menyatakan sentimen ekonomi di Jerman jatuh pada bulan Juli, untuk -6,8 poin dari 19,2 poin pada bulan Juni. Reuters telah memperkirakan indeks jatuh ke 9,0 poin.

germany-zew-economic-sentiment-index (4)

ZEW mengatakan ketidakpastian ekonomi dan politik yang ditimbulkan oleh keputusan U.K. bulan lalu untuk meninggalkan Uni Eropa (EU) sebagian besar membebani penurunan.

“Keputusan Brexit telah mengejutkan sebagian besar ahli pasar keuangan. Ketidakpastian tentang konsekuensi suara terhadap ekonomi Jerman, sebagian besar bertanggung jawab untuk penurunan substansial dalam sentimen ekonomi. Secara khusus, kekhawatiran tentang prospek ekspor dan stabilitas perbankan Eropa dan keuangan sistem cenderung menjadi beban pada prospek ekonomi, “kata Presiden ZEW Achim Wambach dalam survei.

Survei disusun terhadap 220 investor dan analis Jerman antara 4 Juli hingga 18 Juli. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian mereka tentang kondisi saat ini di Jerman itu hanya sebagai pesimis dengan alat pengukur terpisah dari kondisi saat jatuh 4,7 poin menjadi 49,8, dari 54,5 poin di Juni.

Berkaitan dengan zona euro, sentimen para ahli pasar keuangan ‘itu sama-sama merosot. Indikator ZEW sentimen ekonomi untuk zona euro menurun jauh dengan 34,9 poin ke pembacaan -14,7 poin.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here