Analisa Fundamental Harian Dollar AS 21 Juli

434

Di tengah perdagangan forex sesi Asia hari Kamis (21/7), kurs dollar AS berusaha keras untuk rally melanjutkan penguatan perdagangan sebelumnya. Terlihat pergerakan indeks dollar yang konsolidasi sejak awal perdagangan menunjukkan posisi rawan koreksi secara teknikal. Pagi ini dollar hanya menguat terhadap yen Jepang dan kurs komoditas.

Pelemahan yen berlanjut pagi ini masih merespon ekspektasi pelonggaran kebijakan moneter BOJ jelang paket stimulus yang akan diterapkan pemerintah negeri sakura tersebut. Selain itu juga pelemahan yen akan semakin diperdalam jika rilis data ekonomi pagi ini untuk data semua aktivitas industri benar-benar menunjukkan data yang kontraksi dari periode sebelumnya.

Terhadap euro dan poundsterling pagi ini sedikit terkoreksi menimbang kehatia-hatian pasar akan hasil pertemuan dewan kebijakan ECB sore nanti memutuskan kebijakan moneter bank sentral tersebut untuk periode bulan ini. ECB diperkirakan masih belum akan mengubah kebijakan moneternya sekalipun pasar mengharapkan segera dilakukan pelonggaran.

Penguatan terhadap kurs komoditas seperti dollar Canada, aussie dan kiwi dollar  hari ini bukan karena pertimbangan harga minyak mentah, pasalnya harga minyak mentah terpantau bergerak positif melanjutkan rebound sebelumnya.

Perdagangan selanjutnya pergerakan  dollar AS hingga sesi malam akan dikendalikan oleh rilis data Phily manufacturing dan klaim pengangguran, dimana data phily fed akan menunjukkan data yang positif sedang data klaim pengangguran menunjukkan data yang negatif.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia masih bergerak negatif setelah dibuka lebih rendah  pada posisi 97.07  dan bergulir pada posisi 97.05. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS  naik  0,1 persen.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here